Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi Tambahan di ios dan Android Terbaru 100% Berhasil

Selamat datang di artikel blog iki.or.id – Beberapa individu memilih untuk memasang jaringan WiFi di kediaman mereka karena itu menjadi pilihan yang lebih bijak, terutama ketika kebanyakan pekerjaan dan proses belajar dilakukan dari rumah. Penggunaan WiFi seringkali melibatkan pengamanan perangkat melalui penggunaan password. Password ini berfungsi sebagai lapisan keamanan untuk melindungi jaringan dari intrusi yang tidak diinginkan atau peretasan. Oleh karena itu cara scan barcode wifi, pengelola WiFi disarankan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan aman.

Sekilas Penjelasan Tentang Cara Scan Barcode Wifi

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi Tambahan di ios dan Android Terbaru 100% Berhasil

Cara scan barcode WiFi biasanya melibatkan penggunaan fitur pada perangkat ponsel pintar yang memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan WiFi hanya dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Proses ini mengubah informasi seperti nama jaringan WiFi (SSID) dan kata sandi menjadi barcode QR yang dapat dipindai oleh perangkat lain untuk menghubungkan mereka ke jaringan WiFi tertentu.

Untuk melakukan scan barcode WiFi, langkah-langkah umumnya melibatkan aplikasi bawaan perangkat atau aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pembacaan QR code. Setelah membuka aplikasi tersebut, Anda dapat memindai atau mengarahkan kamera ponsel Anda ke barcode QR yang disediakan. Kemudian, perangkat akan membaca informasi di dalam kode QR dan secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi tanpa memasukkan kata sandi secara manual. Metode ini sering digunakan dalam berbagi informasi akses WiFi dengan mudah dan cepat.

Cara Scan Barcode Wifi via Google Lens

img image 97

Pertama-tama, untuk melakukan scan barcode WiFi, gunakanlah fitur Google Lens yang dapat diakses pada perangkat Android maupun iOS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pencarian Google.
  2. Klik ikon kamera yang terletak di sebelah kolom pencarian Google.
  3. Arahkan kamera pada gambar barcode WiFi yang ingin dihubungkan.
  4. Jika perangkat dapat mengenali barcode tersebut, jaringan WiFi akan terhubung secara otomatis setelah proses pemindaian selesai.

Cara Scan Barcode Wifi di Android

img image 95

Selanjutnya, bagi pengguna Android, ada cara lain untuk melakukan scan barcode WiFi melalui pengaturan. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka menu Pengaturan/Settings di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi Koneksi/Connections.
  3. Aktifkan pencarian WiFi dengan menggeser ikon ke arah kanan.
  4. Cari dan pilih ikon barcode yang terletak di pojok kanan atas layar.
  5. Arahkan kamera ponsel pada gambar barcode WiFi yang ingin dihubungkan.
  6. Jika perangkat dapat mengenali barcode tersebut, WiFi akan terhubung secara otomatis.

Cara Scan Barcode Wifi di iPhone via Kamera

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi Tambahan di ios dan Android Terbaru 100% Berhasil

Sementara itu, untuk melakukan scan barcode WiFi di iPhone melalui kamera, berikut langkah-langkahnya yang dikutip dari website Apple.

  1. Buka aplikasi Kamera.
  2. Arahkan kamera belakang ke barcode WiFi yang ingin dihubungkan.
  3. Pastikan barcode berada dalam jangkauan kamera.
  4. Layar akan menampilkan petunjuk untuk mengklik hasil dari barcode.
  5. Klik link yang muncul untuk menghubungkan WiFi secara otomatis.

Cara Scan Barcode Wifi di iPhone via Pemindai Kode

Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi Tambahan di ios dan Android Terbaru 100% Berhasil

Selain menggunakan kamera, pengguna iPhone dapat menggunakan fitur Pemindai Kode untuk melakukan scan barcode WiFi. Berikut langkah-langkahnya yang diambil dari website Apple.

  1. Buka Pengaturan > Pusat Kontrol.
  2. Ketuk ikon + di samping opsi Pemindai Kode.
  3. Buka Pusat Kontrol dari bagian atas layar.
  4. Ketuk Pemindai Kode.
  5. Pastikan iPhone berada dalam posisi yang tepat dengan barcode WiFi yang ingin dihubungkan.
  6. Jika perangkat dapat mengenali barcode tersebut, WiFi akan terhubung secara otomatis.

Memindai barcode Wi-Fi adalah langkah luar biasa yang memungkinkan akses instan ke jaringan nirkabel tanpa perlu memasukkan kata sandi secara manual. Proses pemindaian ini memberikan keunggulan yang luar biasa dalam mengakses internet dengan kecepatan dan kemudahan yang tak tertandingi. Dengan cara ini, pengguna tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memastikan koneksi yang aman dan dapat diandalkan.

Tak terbantahkan, memindai barcode Wi-Fi adalah cara paling efektif untuk mengakses jaringan nirkabel. Dengan sekali pemindaian, pengguna dapat langsung terhubung ke jaringan Wi-Fi yang diinginkan tanpa repot mengingat atau memasukkan kata sandi yang panjang dan kompleks. Ini bukan hanya solusi yang nyaman tetapi juga meminimalkan risiko kesalahan dalam memasukkan kata sandi yang bisa terjadi pada penggunaan manual.

Pemindaian barcode Wi-Fi bukan hanya tentang kemudahan akses, tetapi juga tentang keamanan yang dihadirkan. Dengan menggunakan barcode yang terenkripsi, penggunaan teknologi ini melindungi jaringan nirkabel dari akses yang tidak diinginkan. Dengan demikian, ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa koneksi Wi-Fi Anda aman dari potensi ancaman keamanan dan risiko peretasan.