6+ Cara Menggunakan Qris untuk Melakukan Pembayaran dengan Mudah

Selamat datang di artikel blog iki.or.idQRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem pembayaran yang tengah melambung kepopulerannya di Indonesia. Dalam kurun waktu belakangan ini, QRIS mengalami lonjakan kepopuleran yang sangat signifikan. Hal ini tidak mengherankan mengingat QRIS memiliki sejumlah keunggulan yang tidak hanya menguntungkan bagi konsumen, tetapi juga memberikan keuntungan bagi para pengusaha yang ingin menyelesaikan transaksi pembayaran kepada supplier dan vendor mereka. Bagaimana cara menggunakan qris? Mari kita eksplorasi cara menggunakan QRIS untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda di sini!

Cara Kerja QRIS

6+ Cara Menggunakan Qris untuk Melakukan Pembayaran dengan Mudah

Dengan singkatnya, QRIS merupakan sistem yang mengadopsi teknologi QR code untuk mempermudah transaksi pembayaran. Saat pelanggan atau pengusaha menggunakan QRIS untuk menyelesaikan transaksi, dana akan ditarik dari akun e-wallet atau aplikasi mobile banking yang terhubung. Selanjutnya, dana tersebut akan dialokasikan ke akun penerima pembayaran, baik itu berupa akun bisnis maupun akun pribadi penerima. Melalui proses ini, transaksi dapat berlangsung dengan lebih cepat dan efisien antara pelanggan dan pengusaha.

Cara Menggunakan Qris 

6+ Cara Menggunakan Qris untuk Melakukan Pembayaran dengan Mudah

Untuk yang ingin mengetahui cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Pastikan untuk memperhatikan setiap langkahnya dengan cermat!

1. Periksa kesiapan smartphone Anda

Sebelum memulai proses pembayaran, pastikan bahwa smartphone Anda memiliki kemampuan untuk melakukan pemindaian QR code. Pastikan QR code scanner telah tersedia entah sebagai aplikasi terpisah atau sudah terintegrasi dalam aplikasi mobile banking atau e-wallet yang digunakan. Pastikan juga bahwa Anda memiliki aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung pembayaran melalui QRIS. Terakhir, pastikan koneksi internet Anda stabil untuk kelancaran proses pembayaran.

2. Cek saldo yang tersedia

Jika smartphone Anda sudah memiliki fitur pemindai QR code, langkah selanjutnya adalah memeriksa saldo yang tersedia di akun e-wallet atau aplikasi mobile banking Anda. Pastikan bahwa saldo mencukupi untuk menyelesaikan transaksi yang akan dilakukan. Jika ternyata saldo tidak mencukupi, Anda dapat melakukan pengisian ulang melalui aplikasi lain yang menyediakan layanan top up, seperti top up saldo ShopeePay melalui aplikasi mobile banking yang Anda gunakan.

3. Buka aplikasi yang diperlukan dan temukan opsi QR

Setelah memastikan semua persyaratan teknis terpenuhi, buka aplikasi mobile banking atau e-wallet yang terpasang di smartphone Anda. Di layar utama aplikasi, cari dan pilih opsi yang mengarahkan Anda ke fitur pembayaran menggunakan QR code. Biasanya, opsi QR code dapat ditemukan di bagian bawah layar atau pada menu navigasi.

4. Pindai atau unggah QRIS

Setelah memilih opsi QR code, aplikasi akan mengaktifkan kamera pada smartphone Anda. Arahkan kamera ke QRIS yang ditampilkan di layar kasir atau pada struk tagihan. Pastikan agar QRIS dapat terbaca dengan jelas oleh kamera. Selain memindai langsung QRIS yang disediakan oleh penjual, Anda juga dapat mengunggah QR code yang tersimpan di Galeri Foto atau Album.

5. Input nominal dan PIN transaksi

Setelah memindai atau mengunggah QRIS, aplikasi akan menampilkan rincian pembayaran seperti nama penerima dan jumlah yang harus dibayarkan. Jika nominal pembayaran sudah tertera, Anda hanya perlu meninjau informasi tersebut dan memasukkan PIN dari aplikasi yang Anda gunakan.

Namun cara menggunakan qris, ada jenis QRIS yang hanya menampilkan nama penerima. Jika demikian, Anda perlu memasukkan nominal pembayaran secara manual sesuai dengan instruksi kasir. Setelah itu, masukkan PIN transaksi untuk melanjutkan pembayaran. Pastikan semua informasi yang tercantum sesuai dengan detail transaksi yang ingin Anda bayar, termasuk nama pedagang dan jumlah yang harus dibayarkan.

6. Simpan dan tunjukkan bukti pembayaran

Setelah pembayaran selesai, aplikasi akan menghasilkan bukti pembayaran dalam bentuk digital. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran di perangkat Anda atau mengirimkannya melalui email atau pesan kepada penerima pembayaran. Jika menggunakan QRIS untuk transaksi di toko fisik, Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran kepada kasir atau petugas yang bertugas.

Dalam era digital yang berkembang pesat saat ini, pemanfaatan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran semakin menjadi sorotan utama. Kemudahan dan

kecepatan yang ditawarkan oleh QRIS telah menjadikannya sebagai salah satu pilihan utama dalam mengisi kebutuhan transaksi pembayaran. Dengan hanya menggunakan smartphone dan beberapa langkah sederhana, pengguna dapat dengan mudah dan efisien menyelesaikan proses pembayaran.

Cara menggunakan QRIS sangatlah simpel. Pengguna hanya perlu melalui beberapa langkah praktis, mulai dari memastikan kesiapan teknis pada perangkat, memeriksa saldo yang tersedia, hingga melakukan pemindaian atau unggah QRIS untuk menyelesaikan transaksi. Kesederhanaan dalam proses ini memudahkan pelanggan maupun pengusaha dalam menunaikan pembayaran dengan cepat dan aman. Dengan QRIS, pengguna bisa merasakan pengalaman transaksi yang lebih lancar dan efektif, meningkatkan kemudahan dalam bertransaksi sehari-hari. Dengan demikian, QRIS tidak hanya menjadi solusi transaksi yang praktis, tetapi juga memperlihatkan tren yang semakin mendominasi dunia pembayaran digital.