Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Tionghoa Harus Bagaimana? Resensi Buku Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa

Tionghoa Harus Bagaimana? Resensi Buku Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa

Dikirim pada 12 Jan 2016 264 dilihat

Judul Buku   : Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa Penulis         : Onghokham Tahun Terbit : 2009 Penerbit         : Komunitas Bambu                                                                                        Tebal               : xxxiv + 190 ISBN                : 979-3731-63-x

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (6-HABIS)

Dikirim pada 20 Sep 2013 292 dilihat

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (6-HABIS)   MASYARAKAT TIONGHOA HARUS MERASA JADI BAGIAN BANGSA INDONESIA   Bagaimana harapan atau cita-cita Bapak tentang masyarakat Tionghoa di tengah-tengah kemajemukan bangsa kita? Masyarakat Tionghoa harus betul-betul merasa menjadi bagian bangsa Indonesia.   Sikap ideal apa yang harus diambil masyarakat Indonesia terhadap saudara-saudaranya yang warga Tionghoa?

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (5)

Dikirim pada 20 Sep 2013 283 dilihat

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (5)   PARTAI POLITIK SEKARANG INI KURANG BERPERAN DENGAN BAIK   Bagaimana pandangan Bapak mengenai kehidupan politik dan partai politik kita dewasa ini? Partai politik sekarang ini kurang berperan dengan baik. Partai tidak membawakan aspirasi rakyat. Pimpinan terserap perhatiannya hanya untuk berkuasa. Mereka turut berlomba memperkaya diri dengan korupsi. Kalau ini terus menerus terjadi, wah repot sekali bangsa kita ke depan.  

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (4)

Dikirim pada 20 Sep 2013 260 dilihat

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (4)   SEMUA ORANG INDONESIA HARUS “KERASAN” DI NEGERI INI   Mengapa orang Indonesia harus bersatu? Hendaknya dipahami bahwa Indonesia ini terdiri dari masyarakat yang sangat majemuk, bahkan termasuk paling majemuk di dunia. Isi keindonesiaan itu adalah persatuan dari multi minority gorup, tidak ada (kelompok masyarakat) yang besar, kelompok (masyarakat) itu semuanya kecil-kecil. Oleh karena itulah mesti bersatu.  

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (3)

Dikirim pada 20 Sep 2013 899 dilihat

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (3)

MENGUBUR "HANTU" SBKRI UNTUK SELAMANYA

Dikirim pada 25 Feb 2013 970 dilihat

Judul               : Tionghoa dalam Cengkeraman SBKRI Pengarang      : Wahyu Effendi (Tjoa Jiu Tie), Prasetyadji Editor              : Protus Tanuhandaru Penerbit         : Visi Media, Jakarta Edisi                : Cetakan Pertama, 2008, Hlm. : xi, 148   Selama puluhan tahun, istilah SBKRI sangat dikenal di kalangan warga masyarakat Tionghoa. Bukan dalam pengertian positif dan menyenangkan, tapi dalam nada keprihatinan, kejengkelan, ketidakpastian, dan kepasrahan. Keberadaan SKBRI menjadi simbol dari ketidakberdayaan warga Tionghoa terhadap perlakuan diskriminatif dari aparat negara.

Semangat Perjuangan Peranakan Idealis

Dikirim pada 6 Feb 2013 26.698 dilihat

Judul              : Semangat Perjuangan Peranakan Idealis Penulis          : Prasetyadji Pengantar     : Budi Susilo Soepandji Tebal              : xv +192 halaman Peresensi      : Rofiqul Umam Ahmad