Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (4)

Dikirim pada 20 Sep 2013 260 dilihat

WAWANCARA DENGAN HARRY TJAN SILALAHI (4)

 

SEMUA ORANG INDONESIA HARUS “KERASAN” DI NEGERI INI

 

Mengapa orang Indonesia harus bersatu?

Hendaknya dipahami bahwa Indonesia ini terdiri dari masyarakat yang sangat majemuk, bahkan termasuk paling majemuk di dunia. Isi keindonesiaan itu adalah persatuan dari multi minority gorup, tidak ada (kelompok masyarakat) yang besar, kelompok (masyarakat) itu semuanya kecil-kecil. Oleh karena itulah mesti bersatu.

 

Agar bisa bersatu, bagaimana cara yang harus ditempuh?

Nah, itu membutuhkan pembinaan dan saling pengertian. Dasarnya adalah bagaimana melaksanakan keadilan sosial. Dengan demikian semua orang Indonesia merasa kerasan tinggal dan hidup di negeri ini.

 

Nampaknya sulit sekali ya mewujudkan keadilan sosial di negeri ini?

Tidak mengapa. Meskipun sebagai manusia, kita tidak bisa mencapai keadilan sosial tersebut, tapi harus diperjuangkan terus. Tanpa boleh pernah berhenti atau berputus asa.

 

Bagaimana peran agama dalam hal ini?

Kita menyadari bahwa manusia itu masih memiliki egoisme. Oleh karena itu semua agama mengajarkan kita jadilah orang baik. Kalau beragama Islam (maka) lima kali sembahyang (dalam sehari). Begitu pula saudara-saudara kita yang beragama lain. Ini penting untuk menjaga dan memperbaiki fitrahnya. Itu saja masih banyak orang yang jahat, salah, iri, dan tidak menghargai sesama.(Bersambung)*Rofiqul Umam Ahmad