Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Disdukcapil Pandeglang Berencana akan Luncurkan Aplikasi Online

Semakin meningkatnya kebutuhan dalam pembuatan Administrasi Kependudukan (Adminduk) baik dalam kepengurusan pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lain sebagainya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang berencana akan meluncurkan aplikasi pelayanan ektra cepat dengan menggunakan sistem online atau sistem berbasis elektronik, hal ini guna mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dalam mengurus adminitrasi kependudukan (Adminduk). Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang, Mursidi, saat ditemui media diruang kerjanya, Rabu, (15/01/2020).

“Aplikasi ini nantinya diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan di Kabupaten Pandeglang, dan dengan adanya aplikasi ini, maka warga tak perlu datang kesini (red. Kantor Disdukcapil) untuk antre dan menunggu lama mengurus layanan Adminduk, namun bisa langsung diakses secara online melalui aplikasi”. Ucapnya.

Dikatakannya juga, untuk pelayanan adminduk seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta lahir rencananya nanti dapat juga dilakukan di masing-masing kecamatan.

“untuk pembuatan KK dan Akta lahir nanti bisa diurus di masing-masing Kecamatan. Masyarakat tinggal datang ke kecamatan membawa dokumen yang lengkap, dan segala sesuatunya dapat diselesaikan di kecamatan,” tuturnya.

Selain pelayanan pengurusan Adminduk dengan sistem online, Mursidi juga mengatakan demi meningkatkan pelayanan ektra, Disdukcapil juga berencana akan menggunakan aplikasi jasa delevery atau jasa pengiriman untuk berkas yang sudah selesai dikerjakan.

“Kita berencana akan menggunakan aplikasi jasa pengantaran juga, contohnya seperti “GO FOOD”, kita juga ada layanan antar ke rumah masing-masing, Ketika data sudah di input dan kemudian sudah selesai dikerjakan, maka nanti ada pilihan mau di ambil langsung ke kecamatan atau diantarkan, yang jelas mungkin kalau mau diantar ada biaya jasa pengantaran.”. Jelasnya.

Dikatannya, saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap perancangan dan untuk merilis aplikasi tersebut harus menunggu persetujuan dari pemerintah pusat, namun Ia berharap aplikasi tersebut dapat segera dirilis pada tahun ini.

“Do’akan saya, saya berharap mudah-mudahan, bulan April ini sudah bisa launching” pungkasnya. (IKI/Editor)

 

____________________

Sumber: https://cy88ernews.com/2020/01/16/tingkatkan-pelayanan-adminduk-disdukca...

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
16 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Seorang dokter sedang menanyakan data Calon Penerima Vaksin Covid 19
Kata Ombudsman soal Data Lansia untuk Vaksinasi
Dirjen Dukcapil Zudan Arif saat penandatanganan MoU
Data Dukcapil dan Program Vaksinasi Covid 19
Vaksin Covid 19
Bagaiamana Persiapan sebelum Vaksin?
Program Vaksinasi Massal sudah Dimulai Januari 2021
Cara Cek Sudahkah Terdaftar sebagai Penerima Vaksin?
Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).