Cara Verifikasi Email Non-Google dan Akun Aplikasi Lainnya dengan Mudah dan Terbaru 2023! Free

Selamat datang di artikel blog iki.or.id – Setiap kali membuat email atau akun baru, langkah penting yang sering diminta adalah melakukan cara verifikasi email, bukan? Verifikasi merupakan tahap vital untuk memvalidasi keaslian pengguna dan seringkali menjadi langkah terakhir dalam menyelesaikan proses pembuatan akun baru.

Proses verifikasi email tergolong mudah dilakukan. Umumnya, sebuah email berisi kode verifikasi atau tautan verifikasi dikirimkan ke alamat email yang dibuat untuk menyelesaikan proses pendaftaran akun. Setelah berhasil melakukan verifikasi email, akun yang dibuat akan segera aktif dan siap digunakan.

Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai cara verifikasi email untuk berbagai keperluan. Simak informasinya!

Cara Verifikasi Email non-Google di Google

Cara Verifikasi Email Non-Google dan Akun Aplikasi Lainnya dengan Mudah dan Terbaru 2023!

Verifikasi Email Non-Google di Google
Bekerja sebagai profesional, pasti kamu memiliki alamat email kantor yang bukan dari Google. Contohnya, alamat email seperti [email protected].

Meskipun tidak memiliki akun dengan alamat @gmail.com, kamu masih bisa menikmati berbagai fitur Gmail seperti Spreadsheet, Slide Share, Google Form, dan lainnya.

Saat membuat akun Google menggunakan email non-Google, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang telah kamu gunakan untuk mendaftar.

Pastikan untuk melakukan verifikasi tersebut agar kamu dapat menggunakan email ini. Berikut cara melakukan konfirmasi email non-Google:

  1. Cari email dari Google di kotak masuk emailmu.
  2. Buka email dan cari kode verifikasi.
  3. Jika diminta, masukkan kode verifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

Cara Verifikasi Email Prakerja, Dapodik, dan lainnya

Cara Verifikasi Email Non-Google dan Akun Aplikasi Lainnya dengan Mudah dan Terbaru 2023!

Verifikasi Email Prakerja, Dapodik, dan Lainnya
Seperti yang Jaka telah sebutkan sebelumnya, verifikasi email biasanya menjadi langkah terakhir dalam pembuatan akun untuk berbagai aplikasi.

Misalnya, saat mendaftar untuk akun Prakerja, Dapodik, atau bahkan platform media sosial seperti Instagram.

Sekarang, Jaka akan memandu bagaimana cara melakukan verifikasi untuk akun di luar platform Google. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Buka kotak masuk email yang digunakan saat mendaftar.
  2. Cari email resmi yang dikirimkan oleh aplikasi yang kamu daftar. Jika tidak terlihat di kotak masuk, cek folder Spam atau folder lainnya.
  3. Buka email verifikasi dan temukan kode verifikasi atau ikuti link verifikasi yang disediakan untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  4. Selesai.

Cara Verifikasi 2 Arah Email

Cara Verifikasi Email Non-Google dan Akun Aplikasi Lainnya dengan Mudah dan Terbaru 2023!

Cara Memperkuat Keamanan Email dengan Verifikasi Dua Langkah
Verifikasi dua langkah diperlukan untuk meningkatkan sistem keamanan emailmu dan menghindari kemungkinan diretas oleh pihak yang tidak diinginkan.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, Google memberikan lapisan keamanan tambahan setiap kali mendeteksi adanya upaya akses yang mencurigakan ke akunmu. Mereka akan memberitahumu melalui nomor telepon atau email lain yang kamu miliki.

Walaupun seseorang mengetahui sandi emailmu, mereka tidak akan dapat mengakses akunmu tanpa memiliki akses ke perangkat HP-mu. Ini memberikan tingkat keamanan ekstra yang signifikan, bukan?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan verifikasi dua langkah pada emailmu. Cekidot!

  1. Login ke akun Google milikmu.
  2. Klik pada profil dan pilih opsi Kelola Akun Google Anda.
  3. Di panel Navigasi, pilih bagian Keamanan.
  4. Pilih menu Login ke Google dan klik opsi Verifikasi Dua Langkah.
  5. Masukkan kembali sandi akunmu.
  6. Kamu akan diminta menggunakan ponsel sebagai langkah kedua untuk login. Ada daftar HP yang pernah kamu gunakan. Pilih Lanjutkan.
  7. Google akan mengirimkan instruksi verifikasi ke perangkat HP-mu. Pilih Ya.
  8. Isikan nomor telepon yang telah kamu daftarkan dan klik Lanjutkan.
  9. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke perangkat HP-mu.
  10. Isikan kode verifikasi yang diterima dan klik Lanjutkan.
  11. Google akan menawarkan dua opsi verifikasi dua langkah, yaitu melalui aplikasi Google dan melalui telepon atau SMS.
  12. Pilih Aktifkan.
  13. Proses verifikasi dua langkah telah selesai.

Tahukah Anda bahwa proses verifikasi email merupakan langkah krusial untuk mengamankan dan mengaktifkan akun baru? Verifikasi email adalah salah satu metode yang paling umum digunakan dalam pembuatan akun di berbagai platform. Saat Anda membuat akun baru di suatu situs web, verifikasi email adalah langkah terakhir yang diperlukan sebelum Anda bisa mengakses sepenuhnya fitur-fitur yang tersedia. Cara melakukan verifikasi email biasanya melibatkan pengiriman kode unik atau tautan verifikasi ke alamat email yang Anda gunakan saat pendaftaran. Proses ini memastikan bahwa Anda adalah pemilik sebenarnya dari alamat email tersebut.

Pentingnya verifikasi email juga terletak pada aspek keamanannya. Verifikasi email membantu dalam mengamankan akun Anda dari akses yang tidak sah. Setelah Anda menerima kode verifikasi atau tautan, langkah berikutnya adalah memasukkannya ke situs web atau aplikasi yang meminta verifikasi. Dengan melakukan ini, Anda memastikan bahwa akun yang Anda buat benar-benar aktif dan siap digunakan dengan identitas yang sah dan valid.

Namun, pada beberapa platform, jika Anda tidak melakukan verifikasi email setelah beberapa waktu, ada kemungkinan akun Anda tidak akan sepenuhnya aktif atau bahkan dapat dihapus secara otomatis. Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan verifikasi email setelah mendaftar agar dapat memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh situs web atau aplikasi tersebut.