Cara Mengetahui Password WiFi di iOS dan Android dengan Gampang Terbaru 2023! Free

Selamat datang di artikel blog iki.or.id – Perangkat pintar saat ini (HP maupun laptop) bisa menyimpan password WiFi secara otomatis. Banyak orang tidak ingat password WiFi di luar kepala. Untuk melihat password WiFi di HP Android, masuk ke menu Settings, klik Network & Internet, pilih Internet, cari jaringan yang ingin diketahui passwordnya, pilih tombol Share dengan ikon kode QR, konfirmasi kode buka kunci, pindai kode QR atau salin dan tempel password di bawahnya.

Untuk HP Android dengan versi 6 hingga 9, download dan install aplikasi WiFi Password Recovery dari Google Play Store, jalankan aplikasi, cari nama WiFi yang ingin dilihat passwordnya, di kolom “PASS” akan muncul password WiFi tersebut. Untuk HP Samsung, sambungkan HP ke WiFi tujuan, buka Pengaturan, lalu Koneksi dan pilih WiFi, klik ikon kode QR dan akan ditampilkan kode QR dengan perintah “Pindai kode QR ini di perangkat lain untuk tersambung ke “nama WiFi” tanpa memasukkan kata sandi. Untuk melihat cara mengetahui password wifi, buka Settings, pilih iCloud, nyalakan Keychain, buka Keychain Access pada Mac, masukkan nama WiFi pada kolom Search di jendela Keychain Access, klik nama WiFi yang dicari, lalu centang “Show Password”.

Cara Mengetahui Password WiFi di HP Android

Cara Mengetahui Password WiFi di iOS dan Android dengan Gampang Terbaru 2023! Free

Bagi pengguna HP Android yang ingin melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat mereka, berikut adalah langkah-langkah dan cara mengetahui password wifi yang dapat diikuti:

  1. Masuk ke menu Settings di HP Android Anda.
  2. Klik Network & Internet, lalu pilih menu Internet.
  3. Cari jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya.
  4. Pilih tombol Share dengan ikon kode QR untuk jaringan WiFi tersebut.
  5. Lakukan konfirmasi kode buka kunci jika diminta.
  6. Anda dapat memindai kode QR yang muncul atau menyalin dan menempelkan password WiFi yang terlihat di bawahnya.

Jika HP Android Anda memiliki versi 6 hingga 9, Anda juga dapat menggunakan aplikasi WiFi Password Recovery yang dapat diunduh dan diinstal dari Google Play Store. Saat menjalankan aplikasi tersebut, Anda hanya perlu mencari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan password WiFi tersebut akan muncul di kolom “PASS”.

Cara Mengetahui Password WiFi di iPhone

Cara Mengetahui Password WiFi di iOS dan Android dengan Gampang Terbaru 2023! Free

Untuk melihat password WiFi di iPhone, ada langkah-langkah dan cara mengetahui password wifi yang dapat Anda ikuti. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara melihat password WiFi di perangkat iOS Anda:

  1. Buka pengaturan (Settings) pada perangkat iPhone Anda.
  2. Pilih opsi iCloud.
  3. Aktifkan Keychain dengan menggeser tombol ke posisi On.
  4. Pada Mac Anda, buka Keychain Access.
  5. Di jendela Keychain Access, masukkan nama WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dalam kolom pencarian (Search).
  6. Klik dua kali nama WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  7. Centang kotak “Show Password” dan masukkan password untuk mengautentikasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat iPhone Anda.

Pentingnya Keamanan

Saat mengakses password WiFi di perangkat iPhone, penting untuk mengingat bahwa Anda harus memiliki izin untuk melihat password tersebut. Pastikan Anda memiliki hak akses yang sah dan menggunakan informasi ini dengan tanggung jawab yang tepat. Selalu jaga keamanan dan privasi saat menggunakan jaringan WiFi, serta hindari penggunaan cara-cara ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau merugikan orang lain.

Cara Mengetahui Password WiFi di Windows

Cara Mengetahui Password WiFi di iOS dan Android dengan Gampang Terbaru 2023! Free

Untuk melihat password WiFi di Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, klik tombol Start atau logo Windows di taskbar. Pilih menu Settings dari daftar opsi yang muncul.

Langkah 2: Masuk ke Menu Network & Internet

Setelah itu, dalam menu Settings, pilih menu Network & Internet untuk mengakses pengaturan jaringan dan internet.

Langkah 3: Pilih Menu Status

Di dalam menu Network & Internet, pilih menu Status dari daftar opsi yang tersedia.

Langkah 4: Akses Network and Sharing Center

Scroll ke bawah di menu Status dan klik menu Network and Sharing Center untuk membuka pusat jaringan dan berbagi.

Langkah 5: Lihat Detail Jaringan WiFi

Di Network and Sharing Center, lihat kolom Connections dan klik nama jaringan WiFi yang terhubung. Akan muncul pop-up “Wi-Fi Status”.

Langkah 6: Tampilkan Password WiFi

Pada pop-up “Wi-Fi Status”, klik tombol Wireless Properties. Di pop-up Wireless Properties, pilih tab Security. Kemudian, klik kotak Show Characters untuk menampilkan password WiFi yang terhubung.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat password WiFi yang terhubung ke perangkat Windows Anda.

Cara Mengetahui Password WiFi di macOS

Cara Mengetahui Password WiFi di iOS dan Android dengan Gampang Terbaru 2023! Free

Bagi pengguna MacBook atau perangkat macOS lainnya, ada beberapa langkah yang dapat diikuti untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Dengan menggunakan aplikasi Keychain Access, Anda dapat dengan mudah mengakses password WiFi yang telah diingat oleh sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Melihat Password WiFi di macOS dengan Keychain Access

  1. Buka aplikasi Launchpad di MacBook Anda.
  2. Pilih menu Other dan klik menu Keychain Access.
  3. Pada kolom pencarian, ketik nama jaringan WiFi yang pernah terhubung ke MacBook Anda.
  4. Klik dua kali nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  5. Akan muncul jendela baru, centang kotak “Show Password”.
  6. Untuk mengonfirmasi identitas Anda, masukkan password ke MacBook Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat melihat password WiFi yang tersimpan di MacBook atau perangkat macOS Anda. Pastikan untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda dan hanya menggunakan pengetahuan ini untuk tujuan yang sah.

Keamanan Mengenai Melihat Password WiFi

Saat melihat password WiFi secara manual, penting untuk selalu berhati-hati dan memastikan diri bahwa Anda memiliki izin untuk melihat password tersebut. Melihat password WiFi tanpa izin dapat melanggar hukum dan dapat memiliki konsekuensi hukum yang serius. Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa hal terkait dengan keamanan saat melihat password WiFi.

Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki izin dari pemilik jaringan WiFi sebelum mencoba melihat password WiFi. Mengakses jaringan WiFi tanpa izin adalah tindakan ilegal dan dapat mengakibatkan masalah hukum. Selalu tanyakan kepada pemilik jaringan WiFi atau pihak yang berwenang sebelum mencoba melihat password WiFi.

Kedua, jangan menggunakan cara-cara ini untuk mengakses jaringan WiFi tanpa izin. Memiliki akses tanpa izin ke jaringan WiFi adalah tindakan yang tidak etis dan melanggar privasi orang lain. Penting untuk menghormati hak privasi orang lain dan hanya menggunakan jaringan WiFi dengan izin.

Resiko Menggunakan Password WiFi

Menggunakan WiFi yang tidak aman dapat memiliki risiko keamanan. Ini berlaku baik ketika Anda melihat password WiFi atau saat terhubung ke jaringan WiFi publik. WiFi publik sering kali rentan terhadap serangan dan dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data pribadi Anda.

Jadi, selalu berhati-hati saat menggunakan WiFi publik dan hindari melakukan transaksi keuangan atau mengakses data sensitif saat terhubung ke WiFi publik. Gunakanlah jaringan WiFi yang aman dan terenkripsi jika memungkinkan, atau gunakan VPN untuk melindungi data Anda saat terhubung ke WiFi publik.

Risiko Menggunakan WiFi PublikPencegahan
Data pribadi yang dapat diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawabGunakan jaringan WiFi aman dengan enkripsi atau gunakan VPN
Disusupi oleh malware atau virusPastikan perangkat Anda memiliki perangkat lunak keamanan yang terkini
Penyadapan data dan informasi sensitifHindari melakukan transaksi keuangan atau mengakses data sensitif saat terhubung ke WiFi publik
Rentan terhadap serangan hackerGunakan password yang kuat dan perangkat lunak keamanan yang terkini

Peringatan tentang Risiko Menggunakan WiFi Publik

Menggunakan jaringan WiFi publik memiliki risiko keamanan yang perlu diperhatikan. Ketika terhubung ke WiFi publik, Anda rentan terhadap serangan malware atau penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi privacy dan keamanan Anda saat menggunakan WiFi publik.

Satu risiko yang umum terkait dengan WiFi publik adalah disusupinya perangkat Anda oleh malware yang dapat mencuri data pribadi atau merusak sistem Anda. Ketika terhubung ke WiFi publik, pastikan perangkat Anda memiliki perangkat lunak keamanan yang terkini dan firewall yang kuat. Selalu perbarui perangkat lunak Anda dan aktifkan fitur pengamanan seperti firewall dan antivirus.

Selain itu cara mengetahui password wifi, perlu diingat bahwa WiFi publik juga dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memantau lalu lintas internet Anda dan mencuri informasi sensitif seperti kata sandi atau nomor kartu kredit. Sangat disarankan untuk menghindari melakukan transaksi keuangan atau mengakses data sensitif saat terhubung ke WiFi publik. Jika Anda perlu menggunakan WiFi publik untuk tugas-tugas sehari-hari, seperti membaca berita atau mengakses media sosial, pertimbangkan menggunakan koneksi melalui proksi atau VPN untuk meningkatkan keamanan Anda.

Keamanan WiFi Publik dan Tips-Tips Menggunakannya

Berikut beberapa tips untuk menggunakan WiFi publik dengan lebih aman:

  • Selalu perhatikan nama jaringan WiFi yang Anda terhubung. Pastikan Anda terhubung ke jaringan resmi yang disediakan oleh pihak yang sah.
  • Hindari membuka atau mengakses akun pribadi yang penting saat terhubung ke WiFi publik.
  • Jangan pernah membagikan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau kata sandi saat terhubung dengan WiFi publik.
  • Selalu aktifkan firewall dan antivirus pada perangkat Anda.
  • Gunakan koneksi melalui proksi atau VPN untuk meningkatkan keamanan saat terhubung ke WiFi publik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan meningkatkan keamanan perangkat Anda, Anda dapat mengurangi risiko yang terkait dengan menggunakan WiFi publik. Selalu ingat untuk berhati-hati dan melindungi privasi Anda saat terhubung ke WiFi publik untuk menjaga keamanan data pribadi Anda.

Melihat password WiFi di HP Android atau iPhone bisa dilakukan dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Pastikan Anda memiliki izin untuk melihat password tersebut dan selalu berhati-hati dengan keamanan dan privasi saat menggunakan jaringan WiFi. Menggunakan cara-cara ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau merugikan orang lain adalah tindakan yang tidak dianjurkan.

Memang ada software dan tutorial hack wifi yang tersedia di internet, namun penting untuk diingat bahwa mencoba membobol atau mencuri password WiFi tanpa izin adalah tindakan ilegal dan melanggar privasi orang lain. Sebagai pengguna yang bertanggung jawab, kita harus menjaga keamanan jaringan WiFi kita sendiri dan tidak mencoba mengakses jaringan WiFi orang lain dengan cara yang tidak sah.

Jika Anda ingin mengganti password WiFi Anda, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan WiFi di perangkat Anda. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk mencegah akses yang tidak sah ke jaringan Anda. Selain itu cara mengetahui password wifi, ada juga aplikasi yang legal dan aman yang dapat membantu Anda mengelola dan mengamankan jaringan WiFi Anda.