Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

UU Larangan Warga AS Adopsi Anak Rusia Disahkan

Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Jumat menandatangani undang-undang (UU) yang melarang warga Amerika Serikat (AS) mengadopsi anak warga negara Rusia.
Putin pada hari yang sama juga memberlakukan kebijakan-kebijakan lain sebagai balasan atas perundangan di AS yang ditujukan untuk menghukum Rusia atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

UU yang memicu kemarahan kaum liberal dan pejuang hak anak Rusia itu akan mulai berlaku pada 1 Januari 2013, dan diperkirakan dapat membuat renggangnya hubungan negeri Beruang Merah tersebut dengan AS.

Bersamaan dengan penghapusan adopsi dari AS, UU tersebut juga akan melarang lembaga swadaya masyarakat (LSM) Rusia menerima dana dari pihak AS.

UU itu juga mencakup warga AS yang dituduh melanggar hak Rusia di luar negeri juga tidak akan diberi visa dan asetnya dibekukan.

Anggota legislatif pro-Kremim menulis rancangan undang-undang itu sebagai respon atas Magnitsky Act di AS, yakni daftar nama-nama warga Rusia yang dituduh terlibat dalam pembunuhan pengacara anti-korupsi, Sergei Magnitsky, dan pelanggar hak asasi (HAM) lainnya.

Hal itu juga memicu keributan dengan Washington dalam waktu di mana hubungan dua negara menjadi tegang atas isu krisis di Suriah.
(Uu.G005)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/350623/uu-larangan-warga-as-adopsi-anak-rusia-disahkan, dikutip Kamis, 21 Maret 2013

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
11 + 8 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.