Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten

Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) kembali mengadakan Pelatihan Customer Service (CS) di Kota Serang, Banten pada 23 Juli 2019 lalu.

Pelatihan ini ditujukan untuk staf front office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) se-provinsi Banten dengan tema Komunikasi Layanan dan Service Leadership.

Pengangkatan tema tersebut menurut Ketua II IKI Saifullah Mashum bertujuan untukmeningkatkan pelayanan para petugas front office kantor Dukcapil kepada masyarakat dalam memperoleh hak-hak kependudukannya.

Menurut Kartiko Adi Pramono yang menjadi fasilitator Pelatihan tersebut, sebagaipelayanan publik mesti menjadi fleksibel dan tidak harus terpaku dengan satu kategori saja.

"Khususnya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," ujar Kartiko, yang juga trainner Pramugara dan Pramugari Garuda Indonesia itu.

Kartiko mengkategorikan masyarakat dalam empat kategori, yaitu masyarakat yang Dominance, Complaince, Steadiness, dan Influencing.

Setelah menjelaskan secara detail ciri-ciri dari kategori customer tersebut, diamelanjutkan, petugas juga harus punya strategi untuk menghadapi masyarakat tersebut. Strategi menghadapinya dijelaskan secara teori dan praktek dalam berbagai jenis permainan.

Menurut Sekretaris Umum IKI Albertus Pratomo, ini kali kedua IKI mengadakan pelatihan. Pelatihan pertama dilaksanakan di bulan November 2018 di hotel Le Semar Kota Serang yang diikuti oleh 8 Dinas KePendudukan dan pencatatan Sipil di Provinsi Banten dengan Tema, Refleksi & Peningkatan Pelayanan Prima: "Memperkenalkan bagaimana staf front office melayani warga."

Lebih lanjut ia menjelaskan, IKI memang merasa perlu membantu dan mendorong teman-teman dari Dukcapil.

"Karena banyak mendengar cerita sehari-hari masyarakat yang datang ke dukcapil itu seluruhnya adalah pelayanan dan khususnya pelayanan dukcapilnya ibu dan bapak ujung tombaknya, ujung tombak yang sungguh-sungguh berinteraksi langsung dengan Masyarkat," tegas Albertus Pratomo.

Pelatihan diikuti oleh sebanyak 30 peserta dari Front Officer Disdukcapil se-Banten. Turut menjadi peserta para koordinator relawan IKI di Banten dan para pengurus serta peneliti IKI yakni Saefullah Maksum, Albertus Pratomo, Rofiqul Umam Ahmad, Swandy Sihotang dan Indah Widiyani. (editor)
 

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
2 + 8 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Ketua II IKI Saifullah Mahsum menyampaikan materi pelatihan untuk para relawan.
Pusingnya Relawan Urus KK Suami dengan Lima Istri
Kabid Casip pada Diadukcapil KBB Asterina, SH saat memberikan akta kelahiran yang sudah jadi kepada warga.
Yanling di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat Disambut Antusias Warga
Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane
Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane
Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten
Itsbat Nikah Gratis untuk 48 Pasangan di Lebak

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).