Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Tadarus Kewarganegaraan 2021

Dikirim pada 7 Mei 2021 208 dilihat

Tadarus Kewarganegaraan 2021

Penelitian di bidang kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kerja IKI sebagai lembaga yang didedikasikan untuk mengawal isu kewarganegaraan, kependudukan dan penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Tahun ini IKI diundang untuk terlibat dalam penelitian agama dan kewarganegaraan oleh Pemberdayaan Masyrakat dan Budaya Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (PMB LIPI).

 

Peneliti IKI, Eddy Setiawan diberikan tugas untuk terlibat dalam tim penelitian yang terdiri dari LIPI, IKI, Lakspesdam NU dan UIN. Salah satu kegiatan tim penelitian pada bulan Puasa Ramadhan 1442 Hijriah kali ini adalah menyelenggarakan diskusi rutin di bidang kewarganegaraan dengan tajuk Tadarus Kewarganegaraan.

 

Kegiatan ini diadakan secara mingguan dan telah dimulai sejak Rabu, 14 April 2021 hingga Jumat, Jumat, 7 Mei 2021, atau telah terlaksana sebanyak 4 kali diskusi. Diskusi mengundang narasumber yang berkompeten di isu terkait, seperti Badrun Sholeh, Ph.D pada tema Cosmopolitan Citizenship dalam tadarus pertama, dengan pembahasa M. Khoirul Muqtafa, Ph.D dan Syarfina Mahya N selaku moderator.  

 

Diskusi kedua membahas tema Cultural Citizenship dengan narasumber Ardon Nababan dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), pembahasa M. Khoirul Muqtafa, Ph.D dan Moderator Nurun Nisa dari Lakspesdam NU. Sementara Tadarus ketiga pokok bahasan diskusis adalah mengenai Kewarganegaraan Pancasila, Rumusan dan Tantangannya dengan narasumber Yudi Latif, Ph.D dan moderator Eddy Setiawan dari Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI).

 

Kegiatan tadarus kewarganegaraan terakhir diselenggarakan pada Jumat lalu, dengan tema Minoritas dan Kewarganegaraan di Indonesia dengan narasumber Dr. Robertus Robert, M.A, sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta dan dimoderatori oleh Halimatusadiah, M.Si, peneliti LIPI. Kegiatan diskusi rutin ini merupaka salah satu kegiatan untuk melengkapi bahan penelitian yang mulai diselenggarakan 2020 dan direncanakan selesai pada 2022. @esa