Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Rancangan MoU IKI untuk Dinas Dukcapil Kabupaten Malang

Dikirim pada 10 Apr 2021 87 dilihat

Rancangan MoU IKI untuk Dinas Dukcapil Kabupaten Malang

Kerjasama antara Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) dengan berbagai dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten dan kota, umumnya didasarkan pada kesepahaman bersama. Salah satu dinas kependudukan dan pencatatan sipil yang telah menjalin kerjasama adalah dinas dukcapil kabupaten Malang, dimulai dari pelatihan dukcapil bagi calon relawan IKI tahun sebelumnya.

 

Seiring dengan pergantian Kepala Dinas Dukcapil dari Dr. Ir. Sri Meicharini, MM ke Plt Kepala Dinas Drs. Sirath Aziz, M.M MoU antara IKI dan Dukcapil Kabupaten Malang juga perlu ditindaklanjuti. Oleh karena itu, pada 08 April 2021 tim IKI yang terdiri dari Eddy Setiawan dan Riska El Haris melakukan kunjungan perdana ke Dukcapil Kabupaten Malang di masa kepemimpinan Bapak Sirath.

 

Selain tim dari IKI Pusat, dua orang Relawan IKI Kabupaten Malang yaitu Ibu Lutfi dan Agustina mendampingi kunjungan tersebut, sementara dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Malang diwakili oleh Bapak Sirath beserta jajaran kepala bidang kependudukan, kepala bidang pencatatan sipil, dan jajaran lainnya. Pertemuan dilakukan di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Malang, yang berlokasi di seberang Stadion Kanjuruhan tersebut.

 

Keramahan dan kerendahan hati tampak dari sikap melayani yang ditunjukkan Bapak Sirath selaku Kadis. Pertemuan dibuka oleh Bapak Sirath dengan mempersilakan tim IKI memperkenalkan diri, serta menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan. Eddy menyampaikan bahwa kerjasama IKI dengan Dukcapil Kabupaten Malang selama ini telah terjalin dengan baik sejak masa Ibu Sri dan berharap itu dapat berlanjut di masa kepemimpinan Bapak Sirath.

 

Jemput Bola Administrasi Kependudukan atau biasa disingkat Jebol Anduk adalah salah satu program yang selama ini kerap diikuti oleh para Relawan IKI Kabupaten Malang yang dikoordinatori oleh Ibu Lutfi. Relawan biasanya diberikan peran dalam melakukan sosialisasi menjelang pelaksanaann Jebol Anduk, dan menjadi tim verifikator saat pelaksanaan. Selain itu, selama ini relawan juga telah mendampingi warga secara kolektif dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

 

Pada kesempatan pagi itu, di tengah suasana pertemuan yang hangat juga diserahkan rancangan MoU antara IKI dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang, yang diterima langsung Bapak Sirath serta diserahkan kepada bagian hukum yang juga hadir pada pertemuan. Apresiasi disampaikan kepada IKI oleh Bapak Sirath atas kerjasama selama ini, dan berharap ke depan dapat terus berkolaborasi lebih jauh. “Kami tentu menyambut baik kerjasama dari berbagai stakeholder, karena tidak mungkin kita bekerja sendiri” ungkapnhya, dan “Upaya untuk memiliki database kependudukan yang baik membutuhkan kerjasama antara pemerintah dan lembaga seperti IKI ini, apalagi untuk daerah dengan wilayah luas seperti kabupaten” tutup Sirath. @esa