Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Penting Bagi yang Belum Memiliki Akte Kelahiran

Pada tanggal 10 Agustus 2009, Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Administrasi Kependudukan telah mengeluarkan Surat Nomor 47.11/2945/SJ tentang Perpanjangan Masa Dispensasi Pelayanan Pencatatan Kelahiran, sehingga batas akhir dispensasi akte kelahiran adalah 31 Desember 2011.

Dispensasi akte kelahiran adalah program pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 23 tentang Administrasi Kependudukan. Dispensasi akte kelahiran ditujukan bagi setiap penduduk yang terlambat mendaftarkan kelahirannya, atau putera puterinya.

Dalam aturan kependudukan, kelahiran harus sudah dilaporkan oleh Kepala Keluarga paling lambat 60 hari sejak kelahiran terjadi, apabila lebih dari 60 hari hingga 1 tahun, harus mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Sedangkan bagi penduduk yang terlambat melaporkan kelahiran hingga lebih dari 1 tahun, harus diproses melalui pengadilan negeri di tempat domisili.

Syarat dan prosedur terkait akte kelahiran, bagi WNI maupun WNA dapat ditelusuri melalui tab Ayo Urus Sendiri .

Oleh karena itu, perpanjangan masa Dispensasi Pelayanan Pencatatan Kelahiran ini sangat penting bagi mereka yang belum memiliki Akte Kelahiran, karena apabila lewat dari masa Dispensasi ini, maka harus diurus ke pengadilan yang akan memakan waktu dan biaya yang lebih besar. Apalagi bagi anak usia sekolah, akte kelahiran akan senantiasa menjadi persyaratan di setiap jenjang pendidikan.

Akte Kelahiran adalah salah satu alat bukti kewarganegaraan kita, yang juga akan selalu menjadi syarat dalam mengurus KTP, KK, Paspor dan dokumen lainnya. Segeralah manfaatkan perpanjangan masa dispensasi ini, demi menjaga pemenuhan hak-hak sipil anda.

Salam,

Sekretariat IKI

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
2 + 4 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).