Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Menjangkau Perbatasan Blora

Desa Brabowan adalah salah satu desa di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Desa yang terletak tak jauh dari pusat operasi Pertamina di Cepu ini adalah salah satu desa terakhir menuju perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Kabupaten Blora setelah melakukan pengamatan terhadap beberapa desa akhirnya memilih Desa Brabowan untuk melakukan pelayanan keliling dokumen kependudukan bekerja sama dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Blora. Salah satu pertimbangan adalah letak desa yang cukup jauh dari pusat kabupaten, sehingga dinilai membutuhkan pendekatan pelayanan keliling untuk mengoptimalkan tertib administrasi kependudukan.

Masyarakat Desa Brabowan sebagaimana umumnya masyarakat Blora, banyak bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan, khususnya kayu jati yang menjadi salah satu komoditas andalan. Menurut Indarsih, Kepala Desa Brabowan masyarakat desanya masih belum cukup sadar mengenai pentingya kepemilikan dokumen kependudukan. “Ada kebiasaan itu Mas, kalau sudah butuh baru ngurus. Mau sekolah baru ngurus (akta kelahiran) anaknya, mau umroh baru ngurus akta (kelahiran) dirinya, tapi kalau ada keliling begini mereka juga semangat karena tidak perlu ke Blora” ungkapnya.

Pelayanan keliling yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Juli 2019 ini berhasil menerbitkan 597 dokumen kependudukan bagi warga yang hadir langsung ke Balai Desa Brabowan, termasuk warga dari desa sekitar yang sebelumnya telah diberikan sosialisasi oleh relawan IKI saat pra kondisi. Warga desa mulai hadir sejak pagi secara bergelombang, dan langsung mendapatkan pelayanan dari relawan IKI yang dipercaya Dinas Dukcapil Blora untuk melakukan verifikasi dan validasi sebelum dilanjutkan ke operator. Keberadaan 9 orang relawan IKI di meja terdepan berpengaruh signifikan terhadap kecepatan dalam melayani warga sehingga tidak terjadi antrian yang panjang.

Widodo, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Kabupaten Blora yang hadir mengawal pelaksanaan pelayanan keliling menuturkan bahwa untuk pelayanan keliling kali ini dikerahkan sebanyak 10 staf Dukcapil baik untuk pelayanan pendaftaran penduduk maupun pencatatan sipil dengan 1 unit mobil pelayanan bagi warga Brabowan dan sekitarnya yang menyambut dengan antusias. Eti salah seorang warga yang memanfaatkan layanan untuk mengurus akta kelahiran puterinya, menyatakan bahwa pelayanan keliling ke desa-desa sangat efektif untuk mendorong masyarakat mengurus berbagai dokumennya. “Kalau bisa sering-sering seperti ini, biar masyarakat semangat Pak.” pungkasnya.

Tertib dan validnya data kependudukan seluruh Warga Negara Indonesia merupakan kebutuhan mendasar bagi pemerintah, karena sangat vital dalam menentukan strategi pembangunan, dan berbagai pelayanan bagi warganegara serta pembangunan demokrasi. Hal ini menjadi tanggung jawab negara, namun tanpa kesadaran warga dan keterlibatan masyarakat sipil tentu pekerjaan besar ini menjadi tidak mudah. Berbagai inovasi pelayanan dan interoperabilitas berbagai sistem informasi lintas kementerian dan lembaga terkait tentu merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat penuntasan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh warganegara Indonesia. @esa

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
13 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Ketua II IKI Saifullah Mahsum menyampaikan materi pelatihan untuk para relawan.
Pusingnya Relawan Urus KK Suami dengan Lima Istri
Kabid Casip pada Diadukcapil KBB Asterina, SH saat memberikan akta kelahiran yang sudah jadi kepada warga.
Yanling di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat Disambut Antusias Warga
Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane
Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane
Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten
Itsbat Nikah Gratis untuk 48 Pasangan di Lebak

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).