Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Ini Saran Dukcapil Untuk Nama Anak Agar Mudah Urus Dokumen

Dikirim pada 9 Okt 2021 89 dilihat

Ini Saran Dukcapil Untuk Nama Anak Agar Mudah Urus Dokumen
Keterangan: ISTIMEWA

 

 

 

 

JAKARTA, IKI

Kolom nama di KK, KIA dan akta lahir selanjutnya akan digunakan untuk ijazah, paspor.

Seandainya nama terlalu panjang menyulitkan pada tahap selanjutnya karena itu kami menyarankan warga untuk memberi nama anak singkat saja, demikian tangggapan Zudan Fakrullah, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil  (Dukcapil) dalam keterangan tertulis yang dibagikan kepada media (5/10), menanggapi keluhan warga dari Tuban Jawa Timur yang memberi nama anak dengan 19 kata. 

 

Sebelumnya diberitakan nama anak terlampau panjang sehingga menyulitkan pembuatan akta kelahiran. Nama anak tersebut adalah;

 

Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthus Khosala Sura Talenta : 19 kata.

 

Dalam teknis administrasi kependudukan akan sulit dilakukan jika memiliki nama yang sangat panjang, lanjut Zudan. 

Hingga saat ini memang belum ada aturan tentang banyak kata dalam nama seseorang dan ini sedang dibuatkan aturannya oleh Dukcapil. 

Meski belum ada aturan resmi dan, dinamika masyarakat yang terus berkembang maka perlu mengikuti pedoman berikut:

Nama tidak memakai simbol kecuali  huruf saja. Tidak pakai alias misalnya Rohmat alias Rohimin. Hal ini memicu kebingunan pada masa mendatang.

Selain itu nama tidak boleh disingkat misalnya Muhamad disingkat M saja. Pemberian nama anak sebaiknya mudah dieja dan diingat.

Nama akan berpengaruh pada layanan lainnya seperti SIM, KTP-el, STNK, BPJS,NPWP, Ijazah, Sertifikat Tanah, Rekening Bank dan seterusmya.

Dalam sistem aplikasi administrasi kependudukan (SIAK)  nama maksimal 55 huruf.