Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan

Dikirim pada 29 Jan 2020 206 dilihat

IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan

Selasa, 28 Januari 2020 diserahkan 106 akta kelahiran komunitas pemulung dari Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta yang difasilitasi oleh Institut Kewarganegaraan Indonesa (IKI).  

Bu Wakiyem, 65 tahun asal Boyolali yang sudah lebih dari 30 tahun, tinggal di kolong jembatan, Pinang Kali Jati Bawah Rt 011/Rw 09 Kel Pondok Labu, Kec Cilandak, Jakarta Selatan, dan bu Sinem asal Gunung Kidul, dan bu Iroh asal Lebaksiu, Bumi Jawa, mengucap syukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan Institut Kewarganegaraan Indonesia karena kini telah memiliki akta kelahiran. Dengan dimilikinya dokumen kependudukan itu mereka berharap bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas untuk warga tidak mampu yang diberikan pemerintah.

Sapto BW yang mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta mengatakan, bahwa “kami menyambut baik langkah Institut Kewarganegaraan Indonesia dalam membantu warga masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan yang memang menjadi haknya. Pada prinsipnya kami akan memberikan hak masyarakat sepanjang mereka tidak menempati tanah Pemerintah”.

Di Propinsi DKI Jakarta, Institut Kewarganegaraan Indonesia yang dipimpin Rikard Bagun ini telah membantu 159 anak anak jalanan dan orang terlantar yang antara lain tinggal di bawah kolong Toll Taman Hutan Kota Penjaringan, bawah kolong jembatan Matraman, komunitas pemulung pinggiran rel Sentiong, dan komunitas pemulung bawah kolong Tol Densari Pinang Kali Jati Bawah, Pondok Labu.  

Peneliti Senior IKI Prasetyadji dan Swandy Sihotang menyambut baik kerjasama dengan Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta, dan ke depan akan melakukan pelayanan keliling langsung ke pemukiman-pemukiman komunitas dan anak jalanan. (IKI/Adj)