Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19

Dikirim pada 8 Jan 2021 97 dilihat

Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19

Kondisi pandemi mewarnai awal tahun 2021, namun kegiatan Institut Kewarganegaraan Indonesia yang biasanya diwarnai dengan pendampingan masyarakat dalam memenuhi haknya sebagai warganegara berupa dokumen kependudukan kali ini disesuaikan dengan kondisi. Protokol kesehatan yang ketat dilakukan di kantor IKI, baik dalam bentuk penyediaan hand sanitizer, kewajiban menggunakan masker, hingga pengaturan waktu masuk kerja untuk mengurangi kepadatan kantor.

 

JIka di awal pandemi IKI beberapa kali melakukan pembagian masker dan sabun cuci tangan, maka pada 07 Januari 2021 setelah melakukan komunikasi, IKI bertemu dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang berkantor di daerah Pramuka, Jakarta Pusat. Maksud pertemuan adalah penjajakan kolaborasi relawan IKI sebagai duta perubahan perilaku.

 

IKI diwakili Rofiqul Umam Ahmad, Prasetyadji, dan Eddy Setiawan. Sebelum pertemuan dilakukan pemeriksaan rapid antigen untuk memastikan semua tamu negatif Covid-19. Tim IKI diterima langsung oleh Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny B Harmadi dan jajarannya. Hal yang menjadi perhatian Satgas menurut Sonny adalah perilaku masyarakat, yang butuh edukasi agar menjadi kebiasaan baru seperti 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

 

“Trendnya memang naik 3 M ini, sudah makin dipahami tapi belum cukup konsisten di semua daerah” papar Sonny. Oleh karena itu, sesuai tugas yang diamanahkan kepada bidangnya, ia berharap peran serta seluruh kelompok masyarakat untuk bergabung menjadi duta perubahan perilaku, sehingga masyarakat yang lebih luas akan teredukasi dan terhindar dari penularan. “Tugas kita memang mendorong perubahan perilaku, dan seminggu ini tampak naik drastis berkat kerja-kerja nyata duta perubahan perilaku, dan kami akan sangat senang apabila relawan IKI juga bergabung menjadi duta.”demikian harapnya.

 

Menjawab pertanyaan Rofiqul Umam, Sekretaris II IKI, Sonny menjelaskan bahwa saat ini duta perubahan perilaku sudah mencapai sekitar 60.000 orang dan tersebar di 407 kabupaten/kota. Duta ini bertugas mengedukasi keluarga, dan masyarakat di sekitarnya untuk berperilaku yang tepat di tengah pandemi sehingga tidak terpapar virus corona-19.

 

Duta perubahan perilaku memberikan laporan yang akan diolah oleh sistem yang dimiliki Satgas Covid-19, yang dapat dipantau secara langsung dari pusat. Sonny bahkan sempat menunjukkan kepada tim IKI sebaran Duta Perubahan Perilaku dan laporan kegiatannya yang bersifat online tersebut. Jika kelak relawan IKI bergabung, maka Satgas akan mengadakan pelatihan khusus jika jumlahnya lebih dari 100 orang. @esa