Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Cara Cek Sudahkah Terdaftar sebagai Penerima Vaksin?

Dikirim pada 29 Jan 2021 203 dilihat

Cara Cek Sudahkah Terdaftar sebagai Penerima Vaksin?

Pemerintah Indonesia telah memulai program vaksinasi Covid-19 secara massal di Indonesia mulai Rabu, 13 Januari 2021, dengan target awal para tenaga kesehatan dan petugas publik esensial. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengirimkan Short Message Service (SMS) serentak untuk seluruh penerima vaksin Covid-19 yang telah terdaftar pada tahap pertama. Hal ini sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penerima SMS akan mendapat link ke situs resmi Peduli Lindungi menurut Siti Nadia Tarmizi selaku juru bicara program vaksinasi covid-19 Kemenkes RI. Nadia juga menyatakan, masyarakat dapat memasukkan NIK ke situs resmi tersebut untuk mengecek apakah telah terdaftar sebagai penerima vaksin atau belum. Setelah itu, akan muncul verifikasi dengan informasi NIK yang dimasukkan berhak menerima vaksinasi Covid-19 secara gratis atau belum. 

Tim iki.or.id telah mencoba menggunakanya, langkahnya adalah: pertama, akses situs pedulilindungi.id. maka akan diminta mengisi data Nomor Ponsel Anda untuk dapat masuk ke situs.lalu masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang digunakan. Klik tombol Verifikasi.

Selanjutnya anda dapat mengisi nama lengkap dan NIK pada kolom yang telah disediakan. Jangn lupa klik pada bilah yang berisi tulisan "I'm Not Robot" lalu klik tombol "Periksa". tampil halaman dengan menu "Periksa status NIK Anda dalam program vaksin di sini" Klik tombol "Periksa"  Maka akan muncul informasi apakah anda sudah terdaftar atau belum, bahkan ketika sudah melakukan vaksinasi pertama akan tercatat juga pada situs ini. @esa