Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Bagaiamana Persiapan sebelum Vaksin?

Dikirim pada 30 Jan 2021 99 dilihat

Bagaiamana Persiapan sebelum Vaksin?

Program vaksinasi Covid-19 telah dilaksanakan terhadap kelompok tenaga kesehatan, dan pelayan publik esensial, dan kini telah mulai dibuka untuk masyarakat pedagang pasar. Peserta saat proses verifikasi oleh petugas sebelum pelaksanaan vaksinasinasi, wajib mengkonfirmasi domisili dan pemeriksaan sederhana terhadap kondisi kesehatan dan penyakit yang pernah diderita.

Tahap registrasi ulang penting untuk memverifikasi data penerima vaksinasi Covid-19, maka jangan lupa membawa KTP Elektronik anda, dan untuk berjaga-jaga ada baiknya membawa fotokopi KTP. Meski demikian, peserta yang terkendala jaringan dan tidak berhasil melakukan registrasi ulang, proses registrasi dan verifikasi dapat dilakukan di kecamatan oleh Satgas Penanganan Covid-19. Tahapan ini menurut Kemenkes adalah untuk memastikan keamanan data calon penerima vaksin sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 253 Tahun 2020.

Langkah-langkah untuk registrasi dan verifikasi sebagai berikut: Pertama, calon penerima vaksinasi akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan dari PEDULICOVID melalui SMS. Kedua, lakukan registrasi ulang untuk memilih tempat dan jadwal layanan, dengan melakukan verifikasi yang dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 1199, USSD Menu Browser *119# lewat ponsel anda., Aplikasi Pedulilindungi dengan mengakses laman http://pedulilindungi.id dan melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

Berita baiknya, layanan via SMS dan UMB tersedia secara gratis atau tanpa dipungut biaya. Bagi warganegara Indonesia yang tidak memiliki ponsel akan dikumpulkan datanya, kemudian dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan lurah, kepala dusun, ketua RT/RW, dan puskesmas setempat. Proses nantinya, calon penerima vaksinasi akan diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengonfirmasi domisili serta screening sederhana terhadap penyakit penyerta. Sasaran dengan komorbid atau penyakit bawaan tertentu tidak dapat diberikan vaksinasi. Ketiga, Setelah verifikasi, penerima akan diminta memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal.

Selanjutnya, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada calon penerima vaksin Covid-19 yang telah terverifikasi. Keempat, Pesan singkat untuk mengingatkan jadwal vaksinasi akan dikirimkan oleh sistem melalui SMS atau aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, registrasi ulang juga dapat dilakukan melalui WhatsApp Kemenkes, bit.ly/vaksincovidRI, jangan lupa persiapkan KTP karena datanya akan dibutuhkan. Langkah-langkahnya: pertama, Klik bit.ly/vaksincovidRI lalu mulai chat. Selanjutnya anda akan menerima respons otomatis yang menanyakan konfirmasi terkait apakah seorang tenaga kesehatan, dengan berbagai pilihan menu. Gunakan 6 digit terakhir NIK untuk mendaftar dan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi. Ketiga, aplikasi otomatis akan membagikan jadwal vaksinasi untuk konfirmasi dan keempat, Tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video cara kerja vaksinasi. @esa