Site Logo

institut kewarganegaraan indonesia

kita satu, kita sama, kita setara, satu tujuan: indonesia

Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar TikTok di Dunia pada 2020

Dikirim pada 12 Okt 2021 51 dilihat

Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar TikTok di Dunia pada 2020
Keterangan: ISTIMEWA

 

JAKARTA, IKI

 

Apliakasi TikTok dan perkembangan di tanah air 

Indonesia merupakan pasar kedua terbesar TikTok di dunia pada 2020. Melansir dari Statista, ada 22,2 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) aplikasi video pendek tersebut di tanah air pada tahun lalu.

 

Sementara itu, Amerika Serikat menduduki peringkat teratas dengan 65,9 juta pengguna aktif bulanan TikTok pada 2020. Rusia menyusul Indonesia dengan 16,4 juta pengguna aktif bulanan TikTok.

 

 

Survei juga menampilkan bahwa pengguna TikTok terbanyak dari generasi Z berusia 18-24 tahun,  tentu berbeda dengan pengguna Youtube dari usia 21- 45 tahun  terbanyak, meskipun secara keseluruhan pengguna dua aplikasi tersebut  dari usia 16 hingga 64 tahun. 

 

 

Popularitas TikTok tercatat melonjak semenjak pandemi Covid-19. 

Perusahaan milik ByteDance asal China  ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal I-2020 dengan sekitar 315 juta unduhan, menurut perusahaan analisis aplikasi SensorTower.

 


YouTube

Bagaimana perilaku masyarakat Indonesia terhadap aplikasi YouTube ? 

94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir.  Sementara pengguna aplikasi Tiktok pada level 38.7 %. 

Persentase Akses Media Sosial oleh Pengguna Internet Usia 16-64 Tahun di Indonesial (2020)

Sebanyak 94% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia mengakses YouTube dalam satu bulan terakhir. Persentase tersebut menjadi yang paling tinggi dibandingkan platform lainnya.

 

 Mayoritas responden juga menggunakan

WhatsApp (87,7%),

Instagram (86,6%), dan

Facebook (85,5%). Sedangkan, hanya 63,6% yang mengakses

Twitter, 52,4% Facebook Messenger, dan 44,3% LINE dalam sebulan terakhir.

TikTok, media sosial yang melejit sepanjang tahun lalu (2020), baru digunakan 38,7% oleh pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia. Tetapi aplikasi tersebut banyak digunakan generasi Z, berusia 18 tahun hingga 24 tahun. 

 

Persentase ini tidak jauh berbeda dengan LinkedIn yang sebesar 39,4% dan Pinterest 35,6%. Dikatakan juga dalam survei tersebut bahwa pengguna terbesar aplikasi Instagram adalah perempuan.

Bisa jadi ini semacam konfirmasi bahwa instagram adalah aplikasi gaya hidup dari wanita kelas atas dari kelas ekonomi. 

 

LINKEDIn (dibaca: link-in

Sementara aplikasi Linkedin pengguna terbanyak dari kelas profesional dengan latar pendidikan yang mumpuni. 

LinkedIn adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menemukan pekerjaan atau tempat magang yang tepat, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional seseorang.

Selain itu, melalui LinkedIn, seseorang  juga bisa mempelajari beragam keterampilan yang dibutuhkan agar karir lebih sukses ke depan.

 

Aplikasi Linkedin banyak menampilkan semacam rekam jejak dan portofolio seseorang atau curiculum vitae (CV) seseorang. Bahkan setiap orang bisa menampilkan besarnya  Grade Point Average (GPA) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada laman tersebut.

 

Banyak entitas swasta maupun negara mencari talent dari aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusianya.

 

FACEBOOK

Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu nomor dua terbesar di Asia, setelah India.

 

Berdasarkan data Internetworldstats, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta pada akhir Maret 2021. Angka tersebut setara dengan 63,4% dari total populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2021) atau 82% dari pengguna internet di tanah air.

 

Di posisi pertama India yang mencapai 403 juta pengguna. Sementara di urutan ketiga adalah Filipina (89,1 juta) dan Vietnam (74,75 juta) pengguna di posisi keempat.

 

 Sebagai informasi, jumlah pengguna FB di Asia mencapai 1,12 miliar atau sekitar 26% dari total populasi yang mencapai 4,3 miliar jiwa.

 

Jumlah tersebut setara 40,6% dari total pengguna internet di benua kuning. Sementara pengguna Face Book di dunia mencapai 2,8 miliar atau 35,59% dari total populasi 7,87 miliar jiwa.

 

Sumber : dari berbagai sumber