Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Segudang Asa dari Balik Kolong Jembatan Matraman (Bagian I)

Bu Wagiyem (baju coklat) dan warga kolong lainnya menyampaikan keluh kesahnya kepada Pengurus IKI Saifullah Mahsum.

Syair lagu Ayu TingTing, "Alamat Palsu",   tidak bisa  dilantunkan untuk menggambarkan suasana sosiologis warga di kawasan perkampungan padat anak jalanan yang berada sisi jembatan layang Salemba, Matraman, Jakarta Timur ini. Dipastikan orang akan kesulitan mencari alamat rumah seseorang yang menghuni perkampungan yang jauh dari standar kesehatan ini. Hal itu bukan karena mereka menggunakan alamat palsu.

Jalan akses menuju kolong Matraman Salemba Gg IX Kebon Manggis Jaktim

Jalan akses menuju kolong Matraman Salemba Gg IX Kebon Manggis Jaktim

Alamat penduduk yang tinggal di kawasan ini  legal dan jelas nama jalan atau pun kampungnya. Ada RT dan RW dan Kelurahan yang menaunginya. Akan tetapi jika anda mencari seseorang di pemukiman ini berdasar alamat yang akurat, kemungkinan tidak akan gampang menemukannya karena dipastikan tidak ada nomor rumah atau tempat tinggal yang jelas seperti umumnya pemukiman yang tertata. 

Begitu masuk "gerbang" akses pemukiman yang posisinya persis di depan kolong jembatan ini. kita akan disambut pemandangan berupa bangunan darurat terbuat dari triplek atau bahan-bahan bekas lain dan gerobak sampah yang terparkir.