Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Relawan IKI KBB Dorong Kaum Muda Belajar Jurnalistik

Dunia jurnalistik di era sekarang semakin jauh berkembang, jika dahulu kita hanya mengenal media konvensional berupa media cetak sekarang berubah menjadi media digital. Pesatnya media digital selain mengakibatkan semakin mudahnya orang mendapatkan informasi juga mengakibatkan banyaknya berita atau informasi yang kurang baik beredar di masyarakat, orang – orang pun sekarang semakin mudah dalam menyebarkan berita dengan sudah mengakarnya media sosial di masyarakat.

Melihat semakin banyaknya informasi tidak jelas atau yang biasa disebut dengan hoax di masyarakat, Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Kab. Bandung Barat (KBB) berinisiatif mengadakan kursus jurnalistik yang menyasar kaum muda milenial untuk memberikan edukasi tentang pentingnya pengetahuan jurnalistik agar menjadi benteng dalam menangkal berita – berita bohong yang semakin marak.

Kegiatan yang pada mulanya akan dilaksanakan di Gedung PCNU Kab. Bandung Barat inj dikarenakan terkendala masalah teknis akhirnya terlaksana dengan meminjam gedung sekretariat DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kab. Bandung Barat yang beralamat di Jln. Cihaliwung No. 116 Kec. Padalarang dan diikuti oleh sekitar 75 peserta yang berasal dari beberapa Badan Otonom Nahdlatul Ulama KBB. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019  sekitar pukul 10.30 WIB ini menghadirkan dua orang pemateri. Yaitu Ruba Nurjaman, M.Pd sosok aktivis yang berkecimpung  di dunia pendidikan yang sudah menghasilkan beberapa karya tulis berupa buku dan artikel juga Sahabat Frank Satria Mulya, S. Sos; M. I.Kom mantan wartawan di Tabloid Tribun Jabar yang sekarang menjadi salah satu pengamat media di Kab. Bandung Barat.

Koordinator Relawan IKI KBB, Irfan M. Ramli mengatakan keputusan menghadirkan dua narasumber ini selain karena kedua sosok tersebut sudah cukup dikenal dan akrab bagi peserta yang sebagian besar berasal dari kader – kader muda NU KBB juga karena materi yang disampaikan oleh keduanya sangat berkaitan dan saling melengkapi serta sesuai dengan tujuan kegiatan ini dilaksanakan.

Kang Ruba yang menyampaikan materi tentang tehnik – tehnik dan motivasi menulis yang baik akan sangat menunjang terbentuknya good netizen dan good journalist sesuai dengan materi yang disampaikan oleh Sabahat Frank Satria yaitu tentang mengenal media dan literasi digital untuk mengenali dan menangkal hoax dan berita negatif serta  tata cara penulisan berita untuk bisa dimuat di media baik konvensional maupun digital. Selain itu diharapkan juga peserta dapat tertarik dan lebih produktif dalam dunia penulisan dan jurnalistik.

Untuk selanjutnya diharapkan kursus jurnalistik ini dapat diselenggarakan secara berkala dan berkelanjutan demi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan khususnya dalam bidang jurnalistik dan penulisan. Iwan Billal R (Kontributor Media IKI KBB)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
13 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).