Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Relawan IKI Hadir di Bogor untuk Memudahkan Warga Bogor Peroleh Akta Lahir

Kadisduk capil da jajarannya berdiskusi dengan pengurus IKI dan para relawan

Selasa pagi (8/10/2019) tim Insitut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) dan Relawan IKI Kota Bogor mendapat hadiah terindah.

Pak Sujatmiko, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bogor,Ibu Somia Kabid Capil Kota Bogor dan Ibu Ifti Kasie Identitas Kota Bogor berkenan hadir di Soldadu Premium untuk menyampaikan paparan tentang bagaimana prosedur kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Discukcapil).

Sujatmiko sebagai Kadis Discukcapil mengucapkan terima kasih kepada IKI dan para relawan kota Bogor yang siap membantu Discukcapil mensosialisasikan pentingnya akte kelahiran. Karena  memang masih banyak masyarakat yang kurang memahami pentingnya memiliki akte kelahiran, bahkan tidak mengetahui kenapa mesti memiliki akte kelahiran.

Padahal akte kelahiran adalah bukti kita sebagai warga Negara Indonesia. Dengan bukti akte itu kita dapat mengakses bantuan – bantuan dari pemerintah.

Somia, Kabid Capil dan Ifti, Kasie Identitas berjanji akan membantu relawan IKI Kota Bogor dengan semua prosedur pembuatan akte kelahiran. Formulir bisa didapatkan dengan mudah dan prosesnya pun tidak memakan waktu berhari – hari.

Tim Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Discukcapil) juga bertemu dengan  Peneliti senior IKI  Prasetyadji dan Peneliti  IKI Eddy Setiawan. Mereka berbincang dan berbagi pengalaman, IKI menyampaikan bahwa mereka sudah berpengalaman mendampingi 22 kota di Indonesia terhitung sejak 1984.

IKI berkerjasama dengan relawan kota/kabupaten setempat untuk menjangkau masyarakat di pelosok yang sulit mengakses layanan Disdukcapil dan siap membantu Discukcapil Kota Bogor untuk akselerasi percepatan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan, khususnya Akta Kelahiran.

Selanjutnya untuk menunjang kerja para relawan, setiap relawan akan mendapatkan surat tugas dan kartu anggota resmi dari IKI, hal itu penting untuk mempermudah Disdukcapil mengidentifikasi mereka. Surat tugas itu akan menjadi identitas untuk memperkenalkan peran mereka di tengah-tengah masyarakat dalam membantu proses pembuatan akte kelahiran, sehingga masyarakat dapat percaya pada para relawan IKI. (IKI/editor)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 19 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

IKI dan DISDUKCAPIL Yanling di SOSPAM Kota Cilegon
Kasatpel Capil Kel. Pegangsaan didampingi Staf IKI mendampingi Bunari & Wagiyem dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
Perjalanan Terjal Wagiyem Berburu Dokumen Kependudukan
Muhaimin: TKI Wajib Memiliki Akta Kelahiran
Relawan IKI Ringankan Disdukcapil Cilegon dalam Pelaksanaan Yanling
IKI Fasilitasi Akta Lahir Anak Panti di Karanganyar Jateng

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).