Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Bikin SKCK Bisa Secara Online

Anda mungkin sering mendengar istilah SKCK. Dahulu surat ini dikenal sebagai surat keterangan kelakuan baik atau SKKB. Umumnya SKCK dibutuhkan saat Anda mencari kerja atau mendaftar instansi tertentu. Lalu apa arti dan fungsi SKCK?

Arti SKCK

SKCK merupakan kepanjangan dari surat keterangan catatan kepolisian. Dalam surat tersebut terdapat identitas nama, alamat, tanggal lahir beserta catatan dari seseorang mengenai riwayat tindakan kriminalnya dalam periode tertentu. Anda bisa membuat SKCK di polsek, polres, ataupun polda, sesuai dengan kebutuhan Anda. SKCK yang diterbitkan oleh masing-masing instansi memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai arti dan fungsi SKCK yang diterbitkan oleh masing-masing instansi kepolisian.

Fungsi SKCK

SKCK yang diterbitkan polsek atau polisi sektor

Kepolisian sektor adalah struktur kepolisian Republik Indonesia yang berada di tingkat kecamatan. SKCK yang diterbitkan polsek dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk melamar pekerjaan non-PNS dan non-BUMN, contohnya perusahaan-perusahaan swasta. Umumnya perusahaan-perusahaan swasta memang tidak mensyaratkan SKCK dalam kelengkapan dokumen pelamar, namun ada beberapa perusahaan besar yang meminta pelamar untuk menyertakan SKCK.

SKCK yang diterbitkan polsek juga bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan melanjutkan sekolah atau perguruan tinggi, serta sebagai persyaratan untuk pindah tempat tinggal penduduk. Di beberapa daerah, warga yang hendak pindah domisili ke daerah lain diharuskan untuk menyertakan SKCK yang diterbitkan polsek untuk membuat surat pindah penduduk.

Selain itu SKCK yang diterbitkan polsek juga diwajibkan bagi seseorang yang ingin mencalonkan diri menjadi perangkat desa serta untuk memperpanjang kontrak pegawai seperti pegawai non-PNS di rumah sakit umum daerah. SKCK yang diterbitkan polsek dapat pula digunakan untuk membuat izin usaha dan sebagai syarat dalam pembuatan buku pelaut. Buku pelaut adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara yang fisiknya mirip paspor. Buku pelaut berisi identitas pelaut dan berfungsi sebagai dokumen perjalanan dan rekam kerja pelaut.

SKCK yang diterbitkan polres atau polisi resor

Kepolisian resor adalah struktur kepolisian Republik Indonesia yang tingkatannya lebih tinggi dari polsek, yaitu melingkupi wilayah kabupaten atau kotamadya. Umumnya persyaratan untuk melamar posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) harus menyertakan SKCK yang dikeluarkan polres. Syarat pendaftaran menjadi calon kepala desa, anggota DPRD, serta kepala daerah setingkat kabupaten atau kotamadya juga meliputi dokumen SKCK yang diterbitkan polres. Jika Anda ingin melamar suatu posisi di badan usaha milik negara atau ingin menikah dengan salah seorang anggota Polri atau TNI, umumnya mereka juga meminta dokumen SKCK yang dikeluarkan polres.

SKCK yang diterbitkan polda atau kepolisian daerah

Kepolisian daerah membawahi polres pada tingkat provinsi atau daerah istimewa. Calon walikota atau DPRD tingkat provinsi disyaratkan untuk menyertakan SKCK yang diterbitkan polda. Selain itu, jika Anda berniat berpergian atau bekerja di luar negeri, Anda harus menyiapkan SKCK yang dikeluarkan oleh polda. Untuk tujuan yang berhubungan dengan antarnegara atau luar negeri umumnya dibutuhkan SKCK dari kepolisian daerah dengan tingkatan tertinggi. Hal ini termasuk dalam proses pembuatan visa, dibutuhkan SKCK yang diterbitkan polda atau Mabes Polri.

Sekarang kamu bisa membuat SKCK untuk daftar CPNS maupun untuk keperluan lain secara online. Berikut Hipwee Tips rangkum alur membuat SKCK secara online yang bisa kamu terapkan secara mandiri di rumah.

1. Pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan perangkat dan koneksi internet yang stabil sebelum membuat SKCK secara online

2. Setelah itu, scan beberapa berkas yang nantinya dibutuhkan sebagai lampiran untuk membuat SKCK online

Bagi WNI, berikut berkas dan persyaratan yang perlu kamu siapkan:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir
  • Pas foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar

Scan KTP/SIM

Berkas pertama yang harus Anda siapkan adalah scan KTP atau SIM yang masih berlaku. Jika masa berlaku kartu identitas Anda sudah habis, segera lakukan perpanjangan dulu ya. Nah, kartu identitas yang di fotokopi ini alamatnya harus sesuai dengan domisili Anda sekarang ya.

Scan Kartu Keluarga

Selain kartu identitas berupa KTP atau SIM, untuk membuat SKCK online Anda juga harus melampirkan scan Kartu Keluarga. Kartu Keluarga ini bisa jadi rujukan jelas bagi pihak kepolisian untuk melihat rekam jejak diri Anda lewat anggota keluarga Anda.

Ingat, Anda harus melampirkan scan Kartu Keluarga Anda yang paling baru. Jika ada pengurangan atau penambahan jumlah anggota keluarga, artinya Anda juga harus mengurusnya kembali.

Scan Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir

Catatan kelahiran juga diperlukan lho sebagai salah satu syarat membuat SKCK di kepolisian. Karenanya pastikan semua berkas-berkas penting Anda terarsip dengan baik.

Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan

Surat pengantar sangat diperlukan dalam pembuatan SKCK, termasuk SKCK online. Maka pastikan Anda sudah mengantongi surat pengantar dari kelurahan yang ditandatangani dan dicap basah lurah atau kepala desa setempat.

Biasanya mengurus surat pengantar ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun hal tersebut juga tergantung kebijakan masing-masing kantor kelurahan.

Pas foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Jika belum punya foto dengan background merah, segeralah diurus. Sebab syarat pas foto SKCK haruslah yang ber-background merah. Untuk membuat SKCK, Anda akan diminta melampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan sebanyak 6 lembar.

Setelah itu Anda harus mengisi formulir yang disediakan oleh kantor polisi dengan benar dan melakukan pengambilan sidik jari yang dilakukan oleh petugas.

Nah, beda lagi jika Anda masih berstatus warga negara asing (WNA), ada beberapa syarat yang harus dilengkapi ketika ingin mengurus pembuatan SKCK online.

Syarat SKCK Online Bagi WNA

  • Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA;
  • Selanjutnya fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Fotokopi Paspor;
  • Lalu fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
  • Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI;
  • Dan fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian
  • Pas foto berwarna 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Sebagai gambaran, berikut akan dijelaskan prosedur membuat SKCK online secara runut. Misalnya kamu berasal dari Bekasi, maka untuk membuat SKCK online Anda harus:

  • Mengakses website skck.polri.go.id. Jika sudah, pilih menu formulir online SKCK, kemudian klik Next Step
  • Berikutnya, Anda akan diarahkan ke menu pengisian Data Pribadi, mulai dari nama, NIK, wilayah Polres, sampai yang paling akhir adalah perintah upload foto. Ingat, foto Anda harus ber-background merah dengan ukuran 4×6
  • Setelah tahap kedua selesai, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di sini Anda akan diminta untuk mengisi nama ayah dan ibu kandung, alamat tempat tinggal, pekerjaan, sampai nama saudara kandung
  • Selanjutnya, isi data pendidikan yang memuat nama sekolah, kota, serta tahun lulus sekolah
  • Berikutnya akan ada kotak dialog yang menampilkan pertanyaan apakah Anda pernah terlibat tindak pidana atau tidak. Isi saja lalu klik Next
  • Isi dengan jujur tujuan Anda membuat SKCK, apakah untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, atau yang lainnya. Klik Next
  • Terakhir, klik Kirim Data untuk memastikan bahwa permohonan SKCK Anda terproses oleh sistem
  • Jangan lupa mencatat kode atau nomor registrasi untuk dibawa ke loket Polsek/Polres guna ditukarkan dengan SKCK aslinya

Di loket bisa jadi Anda akan ditanya mengenai rumus sidik jari. Tak usah bingung, Anda tinggal mengurusnya di Polres dengan surat rekomendasi dari Polsek setempat. Biaya perekaman rumus sidik jari ini sendiri gratis lho, Anda hanya perlu menyiapkan syarat-syaratnya,

yaitu:

  • Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  • Melengkapi form sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik lainnya)
  • Foto samping kiri ukuran 4×6 background merah 1 lembar;
  • Dan foto samping kanan ukuran 4×6 background merah 1 lembar
  • Foto depan ukuran 4×6 background merah 2 lembar

Kalau semua syarat sudah penuh, Anda hanya tinggal mengantre di depan loket untuk membayar biaya penerbitan SKCK. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen yang diperlukan ya. Untuk kepentingan masyarakat, Anda bisa menghubungi melalui sambungan telpon dengan nomor 021-7398025, atau bisa melalui email skckonline@polri.go.id

Situs SKCK Online Polri

Kini membuat SKCK online tidak harus masuk ke website masing-masing Polres/Polda. Karena website untuk membuat SKCK online sudah menjadi satu dan bisa digunakan untuk semua daerah di Indonesia. Anda bisa mengaksesnya melalui https://skck.polri.go.id/

Selanjutnya adalah biaya yang harus kamu bayar saat membuat SKCK secara online, simak ya.

Biaya Pembuatan SKCK Online

Pada dasarnya, biaya membuat SKCK online maupun offline sama saja. Sebelum diberlakukannya peraturan baru, biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp10.000. Namun sejak 6 Januari 2017 lalu, penerbitan SKCK naik menjadi Rp30.000.

Kabar baiknya, biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia. Jadi kamu tak perlu bingung lagi bertanya sana-sini mengenai nominal yang harus dikeluarkan ketika mengurus pembuatan SKCK online maupun offline. Jika Anda membuat SKCK secara online akan ada dua pilihan cara pembayaran yaitu transfer dan tunai. Anda tinggal memilih salah satu dari metode tersebut.

Semoga bermanfaat! (IKI/editor)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
11 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

IKI dan DISDUKCAPIL Yanling di SOSPAM Kota Cilegon
Kasatpel Capil Kel. Pegangsaan didampingi Staf IKI mendampingi Bunari & Wagiyem dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
Perjalanan Terjal Wagiyem Berburu Dokumen Kependudukan
Muhaimin: TKI Wajib Memiliki Akta Kelahiran
Relawan IKI Ringankan Disdukcapil Cilegon dalam Pelaksanaan Yanling
IKI Fasilitasi Akta Lahir Anak Panti di Karanganyar Jateng

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).