Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Ada "ANTRI" di Disdukcapil Kab. Serang

Kadisdukcapil dan tim IKi secara simbolik membagikan akta lahir untuk warga Pulo Panjang

Serang,  26 Sept,  pkl 09.00

Kesan pelayanan publik  terkait dokumen kependudukan di Dukcapil Kab.  Serang yang lelet, mahal dan njelimet, lambat laun mulai sirna, sejak ada "Antri".

 "Antri", yang diendorse oleh Kadis Dukcapilnya,  Asep Saifuddin, adalah layanan super cepat,  dalam hitungan menit jadi,  asal dokumen persyaratan terpenuhi dan penduduk langsung datang sendiri ke Kantor Dukcapil.

"Antri"  adalah kepanjangan dari tagline "Anda Datang Sendiri Langsung Jadi".
Diluncurkannya slogan "Antri" oleh Kadis Asep Saifuddin untuk menangkal kesan miring terkait pelayanan Dinas Dukcapil yang masih sering dia dengar.

Asep menuturkan,  pihaknya sudah bisa dan berani menjamin pelayanan dokumen kependudukan terbit hanya dalam hitungan menit.
"Asal warga datang sendiri dengan membawa persyaratan lengkap,  dan saya sedang standby di kantor," ujarnya.

Menurutnya,  warga yang masih menilai lambatnya pengurusan dokumen kependudukan, karena yang bersangkutan tidak datang dan mengurus sendiri keperluannya,   atau diketahui banyak persyaratan yang tidak dipenuhi.  

Pengalaman Usai Subuh

Usai jamaah shalat Subuh pagi tadi, seorang jamaah berusia sepuh mengeluh ke Kadis Asep Saifuddin.  Ia tidak punya akta kelahiran,  padahal ia mau mengurus paspor dalam rangka ibadah umroh.  
Kadis menyarankan agar pagi ini yang bersangkutan datang ke Yanling yang dilaksanakan oleh Dukcapil bersama IKI,  di kantor Desa Pulo Panjang.

Sekitar jam 09.00, seorang pria berambut putih, berpeci hitam yang agak butut,  keluar dari kantor Desa.  Ia pun berpamitan  ke Kadis.  'Terimakasih Pak,  akta kelahiran saya sudah jadi," ujarnya dengan wajah berseri-seri, sambil menenteng map Dukcapil.  Isinya kutipan akta kelahiran,  hasil "Antri", seperti yang telah menjadi komitmen Kadis Asep Saifuddin.  

@saifullah ma'shum

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.