Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Yanling di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat Disambut Antusias Warga

Kabid Casip pada Diadukcapil KBB Asterina, SH saat memberikan akta kelahiran yang sudah jadi kepada warga.

Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerjasama  dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali menggelar pembuatan Akta kelahiran ‘One Day Service’.

Pelayanan ini dilaksanakan di Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, pada Rabu, (28/8/2019), dan langsung di buka oleh Kepala Disdukcapil KBB Wahyu Diguna sejak pagi hari pada pukul 8.00 WIB, hingga sore hari.

Menurut Wahyu yang aat itu didampingi Kabid Capil, Asterina di tengah aktivitas pelayanan, pihaknya menyampaikan, bahwa pelayanan jemput bola ini sudah menjadi rutinitasnya, ini dilakukan demi memudahkan kebutuhan warga KBB mendapatkan dokumen kependudukan. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat KBB yang tempat tinggalnya jauh dari kantor pelayanan.

Upaya pelayanan jemput bola ini tentu tidak hanya memudahkan, diharapkan juga  membahagiakan masyarakat karena mudah dijangkau, hemat biaya trasnportasi, langsung cetak di lokasi, dan prosesnya pun cepat selesai.

“Kebetulan kita juga dibantu oleh IKI dalam pelayanan ini. Kerjasama dengan Yayasan IKI diharapkan akan terus terjalin di masa depan.”

Irfan Muhammad Ramli Koordinator Relawan IKI KBB yang tak kalah sibuknya dalam pelayanan ini dengan dibantu oleh rekan relawan lainya, menerangkan bahwa pembuatan dokumen kependudukan menjadi konsentrasi kepedulian IKI, sebab ini adalah hak warga negara. Kepemilikan Akta Lahir adalah bukti otentik dan paling dasar sebagai WNI. Dengan dokumen ini, warga dapat mengakses pelayanan sosial yang disediakan oleh negara, seperti sumbsidi jaminan kesehatan (BPJS), subsidi pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), dll yang terkait dengan pemenuhan ekonomi masyarakat.

“Bagi Kami, orang yang miskin itu adalah yang tidak memiliki data kependudukan yang lengkap, sehingga dipastikan beberapa fasilitas pemerintah seperti KIS, ataupun lainya tidak akan mereka dapatkan, jika tidak memiliki data adminduk. Sehingga kami sebagai relawan sangat peduli dengan hal ini,” kata Irfan di sela istirahatnya.

Sayangnya untuk program kerjasama IKI dengan disdukcapil KBB di 2019 ini hanya dua kali pelayanan keliling dalam satu tahun. Irfan berharap di tahun mendatang akan bisa ditambah volume kerjasamanya.

Pjs Kepala Desa Mandalasari Dede Wahyudin ikut sibuk dengan kebutuhan tanda tangan dan stempel yang dibutuhkan warga. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Disdukcapil KBB dan IKI yang sudah mau menggelar pelayanan ini di kantor Desanya.

 “Wahh antusias warga sangat luar biasa, bahkan sampai warga Desa lain pun berdatangan kesini. Kami sangat terbantu dengan sistem jemput bola ini. Selain dari pada kebutuhan adminduk, warga juga sangat membutuhkan surat nikah ISBAT kalau ada jemput bola semacam ini pasti semua akan terbantu,” tambahnya.

Di setiap kegiatan pelayanan keliling di KBB seperti ini, antusias masyarakat sangat besar. Rata-rata dalam sehari jumlah pengajuan dokumen yang dilayani bisa mencapai 500 dokumen bahkan lebih. Pada pelayanan kali ini pun lebih dari 500 dokumen dicetak dan dibagikan. Selain Akta Lahir ada pula Kartu Identitas Anak. Bagi warga yang dokumennya belum selesai dicetak pada hari ini maka pembagiannya dilanjutkan keesokan hari di balai desa atau sepekan kemudian. (IKI/editor)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
2 + 2 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Ketua II IKI Saifullah Mahsum menyampaikan materi pelatihan untuk para relawan.
Pusingnya Relawan Urus KK Suami dengan Lima Istri
Kabid Casip pada Diadukcapil KBB Asterina, SH saat memberikan akta kelahiran yang sudah jadi kepada warga.
Yanling di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat Disambut Antusias Warga
Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane
Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane
Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten
Itsbat Nikah Gratis untuk 48 Pasangan di Lebak

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).