Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Warga Cikande Antusias Urus Dokumen Kependudukan

Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) kembali mengadakan kegiatan pemenuhan dokumen Akta Kelahiran bagi warga dalam bentuk program pelayanan keliling.

IKI menggandeng Dinas Dukcapil Kabupaten Serang dalam program pelayanan keliling yang dilaksanakan di Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Serang, Selasa (30/7/2019).

Tak hanya dokumen milik warga usia 18 tahun ke atas, namun sebagian besar warga juga antusias mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) untuk buah hatinya.

KIA atau bisa disebut Kartu Tanda Penduduk bagi anak usia dibawah 17 tahun ini, adalah produk dari peraturan Mendagri No 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak yang memiliki tujuan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Untuk memperoleh KIA, seorang anak harus sudah memiliki Akta Lahir terlebih dahulu.


IKI menggandeng Dinas Dukcapil Kabupaten Serang dalam program pelayanan keliling yang dilaksanakan di Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Serang, Selasa (30/7/2019).
IKI menggandeng Dinas Dukcapil Kabupaten Serang dalam program pelayanan keliling yang dilaksanakan di Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Serang, Selasa (30/7/2019). (Istimewa)

Di beberapa daerah, untuk mensosialisasikan pentingnya KIA tersebut, pemerintah daerah bekerjasama dengan beberapa perusahaan dengan membuat program diskon pembelian kebutuhan anak bagi warga yang memiliki anak dengan KIA.

Hal ini tentunya tidak akan disia-siakan oleh para orang tua, sehingga mereka berbondong-bondong mengurus penerbitan KIA putra-putrinya.

Selain itu, dari sisi ketersediaan blanko KIA, di setiap daerah tampak tidak memiliki kendala. Ini berbanding terbalik dengan ketersediaan blanko KTP yang seringkali kekurangan. Dalam pelayanan keliling kali ini, banyak masyarakat urung mengurus KTP karena hanya menerima surat keterangan (suket).

Saat dikonfirmasi ke Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Serang, Jajang, mengungkapkan memang ketersediaan blanko KTP sangat kurang dikarenakan setiap minggunya pasokan dari Ditjen Dukcapil pusat hanya diberikan jatah 500 buah blanko untuk sekabupaten Serang..

"Kendala memang di blanko. Kami setiap minggu ke Ditjen Capil untuk mengambil blanko KTP, dan hanya diberikan 500 blanko," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Rabu (31/7/2019).

Bahkan, Jajang mengungkapkan untuk sehari pelayanan kantor saja tidak cukup. Rata-rata sehari 600 lebih permintaan KTP hanya untuk pelayanan di kantor. Belum lagi yang berkasnya dibantu relawan IKI yang setiap datang bisa mencapai 300-an berkas permohonan.

Persoalan kelangkaan blangko KTP ini dirasa sudah sangat parah, kasus seperti di Serang juga terjadi di seluruh kota dan kabupaten se-Indonesia. Perlu ada solusi dan terobosan kebijakan yang bisa mempercepat produksi dan distribusi blangko KTP tersebut. Sebab KTP sebagai salah satu dokumen kependudukan yang sangat penting dimiliki warga dan merupakan hak warga yang wajib dipenuhi oleh negara. (editor)

___________________
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Antusiasme Warga Cikande di Serang Urus Kartu Identitas Anak, https://www.tribunnews.com/regional/2019/07/31/antusiasme-warga-cikande-di-serang-urus-kartu-identitas-anak.
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
7 + 6 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane
Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane
Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten
Itsbat Nikah Gratis untuk 48 Pasangan di Lebak
Warga Cikande Antusias Urus Dokumen Kependudukan
Menjangkau Perbatasan Blora

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).