Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Sosialisasi Adminduk dan Persiapan Yanling untuk Warga Ciburial Pandeglang

Relawan IKI memimpin sosialisasi adminduk untuk warga Ciburial Pandeglang

Dalam rangka mempersiapkan agenda pelayanan keliling (Yanling) yang akan dilaksanakan oleh Disdukcapil Kab. Pandeglang bekerjasama dengan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) pada tanggal 27 – 28 Juli 2019. Relawan IKI hari ini 10/7 melakukan sosialisasi tentang pentingnya administrasi kependudukan (Adminduk) kepada para pemuka masyarakat di desa Ciburial Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang – Banten. Hadiri dalam agenda sosialisasi tersebut, kepala desa Ciburial, perwakilan pejabat kecamatan Cimanggu dan para ketua RT serta tokoh masyarakat setempat.

Eman selaku kepala desa dalam sambutannya menuturkan bahwa beliau mengapresiasi dan berterima kasih kepada Relawan IKI yang sudah mau membantu masyarakatnya dalam pengurusan Adminduk.

“Kami sangat berterimakasih pada relawan IKI karena sudah membantu wargauntuk mendapatkan dokumen kependudukan. Bagi kami ini sangat penting, sebab setiap ada program dari pemerintah berkaitan dengan masyarakat baik itu dari Dinas Sosial, Dinas Pertanian itu membutuhkan persyaratan KTP-el dan KK.”.

Kades Ciburial juga mengatakan bahwa di desanya masih banyak ditemukan permasalahan ketidak singkronan data, yakni nomor NIK KTP-el dan NIK KK-nya ternyata berbeda.

“Di desa kami. jumlah penduduk sekitar 5479 Jiwa, mungkin hanya 60 persen yang kepemilikan data adminduknya sudah lengkap dan tidak ada masalah. Selebihnya masih harus dibenahi dan dilengkapi.” Demikian ungkap kepala desa Ciburial.

Ramin atau sering di panggil Bang Kumis, perwakilan dari relawan IKI Kab. Pandeglang mengatakan, “Untuk yanling kali ini kita fokus pada pembuatan KK dan Akte kelahiran warga karena pada saat ini menurut informasi dari Disdukcapil untuk KTP-el masih kesulitan blangko. Paling kita usahakan Surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil.”

Selain KK dan akta kelahiran, relawan IKI juga bisa membantu memfasilitasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Ramin juga menjelaskan tata cara mengisi formulir, baik itu permohonan KK Dan akta kelahiran. Di tengah sesi penjelasan, salah seorang ketua RT bertanya, “Bang Kumis, apakah pelayanan keliling ini gratis atau bayar?”

Kami tegaskan bahwa, relawan IKI tidak pernah meminta bayaran baik itu di pelayanan keliling atau pun bukan pelayanan keliling (fasilitasi secara personal). Hanya saja dalam proses pembuatan dokumen kependudukan dan capil terkadang dibutuhkan syarat administratif seperti pembubuhan materai untuk dokumen-dokumen tertentu. Untuk keperluan semacam itu tentu warga harus mengeluarkan bisaya pembelian materai jika dibutuhkan. Seperti untuk surat pernyataan saksi yang memperkuat dokumen SPTJM untuk pengganti ketiadaan buku nikah pasangan suami istri. Walaupun sebenarnya menurut peraturan SPTJM tidak memerlukan pembubuhan materai namun akibat kekurangpahaman di lapangan sering dari pihak dinas dukcapil masih mewajibkan penggunaan materai pada SPTJM.

Acara sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan dalam suasana akrab, kekeluargaan, para pejabat desa dan kecamatan berkomitmen akan bergotong royong menyukseskan pelaksanaan pelayanan keliling yang akan dileksanakan dua minggu yang akan datang dengan sebaik-baiknya. (enr & Kontributor Pandeglang)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
5 + 1 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.