Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Pelayanan Adminduk di Pangkalpinang Menyenangkan Buat Ibu dan Anak

Ada yang menarik di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang. Kantor tersebut kini memiliki ruang bermain anak dan ruang menyusui bagi warga yang datang. Mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan (Adminduk) kini jadi semakin seru dan menyenangkan.

Terletak di depan Gedung Tudung Saji kawasan Girimaya, kantor tersebut memang telah merencanakan penyediaan dua ruang tersebut. Hal itu dilakukan agar warga tidak jenuh dan bosan kala menunggu antrean.

“Dari Kemenpan-RB meminta agar pelayanan ditambah dengan membentuk ruang permainan anak dan ibu menyusui. Sekitar empat bulan lalu sudah dibuat seperti ini,” kata Sekretaris Disdukcapil Pangkalpinang, Minggu (7/7/2019).

Penambahan fasilitas tersebut sontak membuat warga mejadi senang, sebab sebelumnya banyak warga yang datang membawa anak-anaknya, namun bingung menyikapi anak-anaknya yang rewel kala mengantre.

“Nah, kalau bawa anak biasanya sering rewel karena bosan nunggu dan monoton lah. Dengan disediakan permainan dia bisa main, apalagi kalau ada anak-anak lain main. Bertambah temannya jadi betah,” kata Sinta, seorang warga di lokasi.

Ditambah dengan ruang menyusui, ujar Sinta, kini para Ibu juga tidak bingung, risih, atau malu lagi kala harus memenuhi kebutuhan ASI bayinya.

Di lain kesempatan, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, juga telah mewanti-wanti agar pelayanan Adminduk di daerah dapat menyenangkan bagi warga. Selain pengurusannya yang mudah dan cepat, pelayanannya pun harus menghibur sehingga warga datang dan pulang dari kantor Dukcapil dengan senyum sumringah.

“Pelayanan kita harus menyenangkan. Jangan kita kalah dengan pelayanan Bank, konsumennya datang menyetor uang tapi tetap pulang dengan senyuman,” ujarnya.

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 17 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.