Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Koordinasi dan Bina Relasi IKI dengan Kadisdukcapil Kab. Bogor

Kiri: Saifullah Mahsum & Oetje Subagdja. Kanan Atas: Sausana diskusi dan makan bersam. Bawah: Pengurus IKI bersama para relawan

Membangun komunikasi dan bersilaturahmi antar lembaga adalah langkah penting dan sangat positif untuk memperlancar kerja-kerja IKI dalam mendorong pelayanan publik. Untuk itu maka Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) pada Rabu, 13 September 2017 mengundang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta jajarannya dalam agenda makan siang bersama di Restoran Tumbar Jinten Bogor.

Rapat koordinasi tidak selalu harus dalam suasana formal dan kaku. Dengan sarana makan siang bersama membuat suasana diskusi dan perbincangan yang serius terasa lebih cair. Hadir dalam agenda tersebut tiga orang perwakilan IKI, Ketua III Saifullah Ma’shum, Peneliti IKI Eddy Setiawan dan Staf Media Eko Nugroho. Dari Disdukcapil Kabup[aten Bogor Hadir Dr. R.H. Oetje Subagdja. S P Kepala Disdukcapil Kab. Bogor didampingi Kabid. Kependudukan dan delapan orang staf lainnya. IKI juga mengajak serta empat orang relawan IKI dari Kab. Bogor.

Diskusi dibuka oleh Bapak Saifullah Ma’shum dengan penjelasan komitmen IKI untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan capaian target 85% cakupan pencatatan akta kelahiran di tahun 2017 ini. Komitmen itu telah dilaksanakan di lapangan dengan menggerakkan relawan IKI dalam membantu pelayanan keliling pencatatan akta kelahiran warga kabupaten Bogor. Upaya relawan IKI dalam membantu masyarakat ternyata masih menemui beberapa kendala teknis. Kendala-kendala itulah yang perlu disampaikan dan dikomunikasikan kepada pihak Disdukcapil agar mendapat perhatian dan solusi.

Kepala Disdukcapil Kab. Bogor sangat mengapresiasi kerja relawan IKI dan peran IKI dalam mendorong percepatan cakupan pencatatan akta kelahiran di Kab. Bogor. Beliau akan membantu mempermudah kerja dan koordinasi relawan bersama staf di Disdukcapil. Kepala Disdukcapil selain memberi dukungan juga memberi tantangan kepada relawan IKI untuk membuat satu kecamatan percontohan yang bisa 100% capaian cakupan pencatatan akta kelahiran. Ini sebuah tantangan yang menarik untuk dijawab oleh relawan IKI.

Agenda silaturahmi dan koordinasi ini terbilang cukup sukses dengan adanya kesaamaan presepsi antara IKI dengan Disdukcapil Kab. Bogor. Suasana diskusi yang hangat dan cair juga semakin mengakrabkan IKI dan relawan dengan segenap jajaran Disdukcapil Kab. Bogor. Penerimaan terhadap kehjadiran relawan IKI adalah sangat penting karena relawan adalah ujung tombak dari IKI untuk secara nyata bergerak membantu masyarakat. (ENR)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.