Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Kawinan Massal Umat Buddha Cinbeng

Minggu Pon, 21 Juli 2019 adalah hari yang istimewa, karena bertepatan dengan Hari Raya Ulang Tahun Kelahiran Dewi Kwan Im Posat (Bodhisattva Avalokitesvara), yang jatuh pada tanggal 19 Lak Gwee 2570, Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kab. Tangerang mengadakan Pernikahan Massal di Cetya Veluvana, Kampoeng Gurubug, Kel. Bojong Nangka, Kec. Kelapadua, Kab. Tangerang, dilanjutkan Pencatatan Perkawinannya.

Wajah ceria dan bungah menyelimuti kedua belas pasangan yang difasilitasi oleh IKI. Tentunya momen bahagia ini tidak akan dilupakan sepanjang masa.

Aping dan Bun Eng, relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) yang mengkoordinir kegiatan ini merasa senang dan bangga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan, utamanya Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, dan sebagainya.

Dengan dimilikinya dokumen-dokumen bukti kewarganegaraan dan kependudukan tersebut selanjutnya mereka dapat mengurus/mengakses berbagai fasilitas jaminan sosial yang disediakan oleh Pemerintah.

Menurut Aping, diperkirakan masih ribuan pasang warga masyarakat warga Tionghoa kurang mampu yang belum memiliki akta perkawinan. Mereka kebanyakan hanya melaksanakan perkawinan secara adat dan belum melaksanakan secara agama dan dicatat secara Negara.

Hadir dalam acara tersebut H Joko Sartono dan Siti mewakili Dinas Dukcapil Kab Tangerang, Romo Heriyadi Raharja dari Cetya Veluvana, dan Prasetyadji peneliti senior IKI. (adj)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
5 + 1 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).