Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Itsbat Nikah Gratis untuk 48 Pasangan di Lebak

Suasana Gedung DPRD Kabupaten Lebak pada Rabu, 31 Juli 2019, tampak ramai dikunjungi oleh masyarakat. Para pasutri berdatangan untuk mengikuti Itsbat Nikah Massal yang diselenggarakan atas dukungan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerja sama dengan PA Rangkasbitung, beberapa KUA Kecamatan di Lebak, dan Disdukcapil.

Dalam sambutannya, Kadisdukcapil Kabupaten Lebak, Ujang Bahruddin, menyampaikan, bahwa Kabupaten Lebak termasuk berprestasi dalam hal penerbitan akta kelahiran yang mencapai 97 % dari anak usia 0 sampai 18 tahun. Melalui program itsbat nikah terpadu diharapkan dapat membantu meningkatkan pencapaian tersebut.

Ketua PA Rangkasbitung, Abdul Majid, menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang itsbat nikah terpadu ini merupakan upaya memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat untuk mendapatkan identitas hukum, sehingga hak-hak sipil dapat terlindungi. Meski demikian, perlu ada penyuluhan hukum untuk membangun kesadaran hukum bagi masyarakat agar melakukan perkawinan secara tercatat melalui KUA, karena kalau menikah di kantor KUA pada hari kerja sudah dijamin gratis, dan tidak perlu ada lagi dikotomi antara hukum Islam dan hukum positif.

"Sesungguhnya kan tugas KUA itu mencatatkan perkawinan, bukan menikahkan, yang menikahkan itu orang tua mempelai, atau biasanya dibantu kyai kampung (modin) yang membantu proses pernikahan secara agama, setelah itu pasanagan yang menikah bisa ke KUA untuk mencatatkan pernikahannya agar sah secara agama dan negara." Demikian dijelaskan oleh Haji Abdul Madjid.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKI, Albertus Pratomo (Tomi) mengharapkan agar pemerintah daerah dan DPRD kab Lebak dapat membuat terobosan kebijakan agar di masa depan itsbat nikah dapat digratiskan bagi warga yang tidak mampu tanpa mengurangi hal hal pokok yang diatur dalam itsbat nikah. Untuk itu perlu ada pembahasan di tingkat daerah antara legislatif, eksekutif dan yudikatif untuk menyediakan anggaran bagi program itsbat nikah terpadu dan gratis untuk warga yang tidak mampu atau kesulitan secara ekonomi.

"Apa yang dilakukan IKI pada hari ini hanya sebagai pengungkit kepada pemerintah agar dapat kebijakan yang dapat meringankan beban masyarakat". demikian ditegaskan oleh Pratomo yang akrab disapa "Tommy" itu.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang itsbat terpadu yang terdiri dari empat majelis sidang, masing-masing terdiri dari hakim tunggal didampingi oleh panitera pengganti dan petugas administrasi. Ada 48 perkara (pasangan itsbat) yang disidangkan yang berasal dari 7 Kecamatan di Kabupaten Lebak. Sidang berlangsung lancar dan berakhir pada pukul 12 siang. Kemudian acara diakhiri dengan penyeraham simbolis dokumen kependudukan kepada pasangan suami istri yang telah disahkan perkawinannya, dilanjutkan dengan foto bersama. (editor)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
3 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana koordinasi dan pelatihan pemanfaatan fasilitas online untuk para relawan IKI
Ngurus Akta Kelahiran Sambil Ngopi, Bisa ya?
Ketua II IKI Saifullah Mahsum menyampaikan materi pelatihan untuk para relawan.
Pusingnya Relawan Urus KK Suami dengan Lima Istri
Kabid Casip pada Diadukcapil KBB Asterina, SH saat memberikan akta kelahiran yang sudah jadi kepada warga.
Yanling di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat Disambut Antusias Warga
Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane
Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane
Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).