Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI Memfasilitasi Kawin Massal Warga Cinbeng Kab. Tangerang

Kab Tangerang (IKI) : Pada hari Kamis Pon, tanggal 27 Juni 2019 pukul 13:30 dilaksanakan pencatatan perkawinan massal 17 pasang warga CinBen (china benteng) yang digagas dan difasilitasi oleh Ibstitut Kewarganegaraan Indonesia (IKI), sebuah organisasi kemasyarakat yang didirikan oleh mantan panja dan pansus RUU Kewarganegaraan dan RUU Administrasi Kependudukan, yang saat ini diketuai oleh Rikard Bagun.

Menurut Aping, Relawan IKI Kab Tangerang, 17 pasang ini berasal  dari beberapa daerah, yaitu: Cirarab, Bojong Kamal, Babat, Rencak Kelopok, Jatake, Caringin, Cijantra, Bojong Nangka, dan Kedaung Barat.

Andri dan Riri Apriyanti, yang telah mendapatkan pemberkatan dari Gereja GBI Bojong Kamal merasa bersyukur, perkawinannya dapat dicatatkan di catatan sipil.

Begitu juga Jimi dan Yoyon dari Wihata Jetavana Karaqaci dan pasangan Suharyadi dan Evi liyanti dari Wihara Dharna Metta Cijantra mengaku lega dan bahagia, karena perkawinan agama yang telah berlangsung dari tahun 1995 sekarang menjadi sah oleh Negara.

Menurut pasangan yang di nikahkan massal ini, mereka sangat berterima kasih kepada Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) dan para relawan nya,, sebagainana dikatakan Aping,  karena apabila tidak dibantu IKI, pengurusan akta perkawinan oleh para Calo yang sering berada di gereja maupun Wihara memungut Rp 2,5jt - Rp 3jt.

Diakui oleh Aping yang relawan IKI, "dulu saya dikenakan biaya Rp 2jt oleh Calo untuk mengurus akta perkawinan anak saya Rico Tjan dan Atika Devritanti", katanya.
"Yaaaah,,  biarlah, itu menjadi.masa lalu", pungkasnya.

Dari pengamatan di lapangan, pengurusan akta perkawinan akan menjadi lambat apabila ditemukan ketidak cocokan berkas permohonan, seperti nama orangtua di akta lahir anak yang dulu tercantum Nama Marga, sementara KK dan KTP tidak mencantumkan nama marga. Hal ini harus direvisi dahulu akta lahir orangtua nya.

Prasetyadji yang hadir mewakili pengurus IKI menyampaikan apresiasi kepada Finas Dukcapil Kab Tangerang dan para relawan IKI yang tidak mengenal lelah membantu masyarakat mendapatkan hak hak nya terutama masalah kewarganegaraan dan kependudukan.

Pada hari ini juga, IKI mengadakan koordinasi dengan semua relawan terutama kab dan Kota Serang yang diwakili peneliti IKI Swandy Sihotang, dan untuk kota Cilegon diwakili peneliti IKI Eddy Setiawan.
(Adji).-

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
6 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).