Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI beserta Dukcapil Kab Blora dan Kab Lebak Melayani Masyarakat Adat

Untuk kesekian kali Institut kewarganegaraan Indonesia beserta relawan dan jajaran dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Blora mengadakan pelayanan keliling pemberian dokumen kependudukan akta kelahiran Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk kepada masyarakat yang selama ini belum terjangkau layanan kependudukan dan pencatatan sipil.

Kali ini pelayanan dipusatkan di Desa Sumber Kecamatan Kradenan atau Menden 37 km dari kota Blora atau 120 km dari Provinsi Ibukota Jawa Tengah

Sebagaimana ditegaskan Direktur Jenderal kependudukan dan pencatatan sipil Profesor Doktor Zudan Arif Fakrulloh untuk mencapai target 85% akta kelahiran dan 98% perekaman KTP dinas dukcapil tidak mengenal hari libur selama tahun 2018, oleh karena itu hari Sabtu dan Minggu dilakukan pelayanan keliling bersama Institut kewarganegaraan Indonesia.

Siti Fatimah dari Desa Mulyorejo menyambut baik adanya pelayanan keliling seperti ini.
Siti yang biasa sehari-hari bertani di sawah membawa cucunya Ahmad ke tempat pelayanan mengurus akta kelahiran cucunya yang baru 5 bulan

Zaki Bachroni 40 tahun Kepala Desa Sumber pengagum musik Rock berterima kasih kepada Institut Kewarganegaraan Indonesia karena 12.068 warganya, 47 KK di antaranya warga masyarakat Samin dibantu pemenuhan dokumen kependudukan nya

"Kami berterima kasih warga kami tidak harus bersusah payah ke ibukota kabupaten, karena warga kami banyak yang bertani sehingga pelayanan cukup dijangkau di desa.,"

"Selain itu kami menjadi tahu Berapa warga kami yang memiliki Dokumen dan yang belum memiliki Dokumen kependudukan", lanjutnya.

"Satu hal filosofi masyarakat Samin menurut Zaki yang selalu diingat adalah 'Guneman sak ketjap, gawe sak lawase' - sekali bicara untuk selamanya, artinya kegiatan mulia ini akan diingat warga sepanjang hidup", kata Zaki.

Menurut Prasetyadji peneliti senior IKI dan Swandy Sihotang yang mewakili Yayasan IKI mengatakan bahwa " Untuk menjangkau daerah daerah perbatasan Kabupaten, sudah sangat penting bahwa dinas kependudukan dan pencatatan sipil membentuk unit pelaksana teknis (UPT), supaya masyarakat dapat terlayani dokumen kependudukan nya. Yayasan iki memprioritaskan programnya untuk pelayanan warga daerah terpencil warga difabel dan anak-anak yatim piatu di Panti panti asuhan. Untuk itulah Desa Sumber Kabupaten Blora menjadi pilihan yang tepat karena cukup jauh dari ibukota kabupaten dan Medan jalannya pun juga cukup lumayan sulit. Hal ini terbukti dengan antusiasme kehadiran warga yang berjumlah 700an orang dari berbagai desa datang mengurus dokumen kependudukan nya".

Dalam waktu yang bersanaan, pelayanan keliling Kabupaten Lebak, berlangsung di Desa Hegarnanah, Kecamatan Cibeber, perkampungan yang menjadi areal perkebunan teh yang cukup asri dan indah. Yanling diadakan untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan bagi warga desa ini yang cakupannya memang masih rendah.

"Tetapi banyak desa tetangga yang minta untuk diikutsertakan dalam Yanling ini, " ujar Asep, Kades Hegarmanah.
Yanling yang semula diperuntukkan bagi desa Hegarmanah saja akhirnya berkembang menjadi sembilan desa yang ada di wilayah Kecamatan Cibeber.

IKI dan Dukcapil Lebak menyambut baik keinginan Kades dari kedelapan desa yang mau ikut serta dalam Yanling ini.

"Kami persiapkan personil yang cukup untuk melayani masyarakat dari sembilan desa ini," kata Sekdinas Dukcapil Lebak.
Jika diperlukan, kata Sekdis, Dukcapil akan membuka pelayanan hingga malam hari.

Untuk Yanling kali ini, Dukcapil menurunkan 20 orang personilnya, dan langsung dipimpin oleh Kadis Dukcapil Lebak, Drs. H. Ujang Bahruddin. MM. Sedangkan dari IKI hadir 2 orang dan 13 orang Relawan IKI di Lebak, di bawah koordinasi Jamsari.

Kades Asep bisa memaklumi jika Yanling sangat didambakan masyarakat. Karena kalau harus pergi ke kantor Dukcapil di Lebak, penduduk harus menyiapkan biaya yang besar, karena jauhnya jarak yang harus ditempuh.

"Saya saja kalau ada undangan rapat ke Lebak sering naik mobil Elf (angkot, Ref.) karena untuk menghemat ongkos," tuturnya.

Berdasarkan penuturan Kades, jika bawa mobil sendiri atau sewa mobil perlu uang sedikitnya Rp 700 ribu.
"Bisa habis gaji saya sebagai Kades untuk sewa mobil," ujarnya.

Sinyal tak Ada?
Inilah Soal yang Menghantui Yanling ?

Pelayanan leliling (Yanling) yang diadakan oleh Dinas Dukcapil memberikan garansi setiap warga yang datang ke Yanling dengan dokumen yang lengkap akan pulang dengan membawa dokumen kependudukan yang diurus.

"Pelayanan sehari jadi," tutur Kadis Dukcapil Kabupaten Lebak, Ujang Bahruddin, berkomitmen.

Tetapi penerbitan dokumen kependudukan sehari jadi tidak bisa dipenuhi, jika di lokasi Yanling tidak tersedia sinyal komunikasi yang baik.
Ketiadaan sinyal inilah yang selama ini menjadi kendala yang tidak bisa dan tidak mungkin diatasi oleh Dinas Dukcapil.

Seperti yang terjadi pada Yanling di Desa Hegarmanah, Cibeber, yang dimulai hari ini, kendala sinyal itu terjadi.
Di lokasi Yanling yang meminjam gedung perkebunan teh Cibeber, tidak ada sinyal sama sekali.
Untuk mengatasi problem ini diputuskan siang hari dilakukan pemberkasan saja, sedang pencetakan dokumen dilakukan malam hari dengan memboyong peralatan cetak ke tempat yang ada sinyalnya.

"Menurut rencana, setelah pemberkasan selesai di siang hari, malam harinya kami akan cetak di gedung lain atau dibawa ke kantor kecamatan yang kebetulan tidak ada gangguan sinyal.

Banyaknya daerah yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi ini jelas mengganggu Yanling yang dilaksanakan oleh Dukcapil. Karena itu Pemerintah perlu mencari solusi untuk mengatasi problem persinyalan tersebut.

Kiai Haji Saifullah Ma'shum, Ketua IKI mengharapkan "supaya Pemerintah sering mengadakan pelayanan keliling ke daerah daerah terpencil, agar masyarakat dapat terlayani, disamping itu, pemerintah juga harus mengatasi solusi susahnya sinyal dalam pelayanan seperti ini di desa desa".

@Prasetyadji, Saifullah Ma'shum

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
6 + 11 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.