Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI BANTU WARGA CINBEN TERLUAR KAB BOGOR DAPAT AKTA LAHIR

Operator Disdukcapil membuka layanan cetak langsung akta kelahiran di wihara

Wihara Windu Paramita (Hok Tek Tjeng Sin Bio) terletak di ujung kabupaten Bogor yang berbatasan dengan kabupaten Tangerang. Tepatnya di Kampung Ciresek Rt 002/005 Desa Jagabaya, Kec Parung Panjang, Kab Bogor.

Perlu perjuangan panjang untuk sampai di daerah ini, karena di jalan raya Legok - Parung Panjang, yang merupakan daerah pertambangan batu belah dari Gunung Sidamanik kondisinya memprihatinkan. Banyak truk pengangkut batu belah parkir di pinggir jalan menunggu jam 22:00 malam untuk bisa memasuki kawasan Kab Tangerang.

Menurut Kristin pengurus wihara setempat, "kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) yang telah membantu dan memfasilitasi pembuatan akta kelahiran bagi umat wihara dan sekirarnya, yang selama ini cukup sulit karena faktor jarak yang bisa 5-6 ke Cibinong Bogor dan materi, serta akses infra struktur langit (sinyal)".

"Seumur hidup baru ini kali kami merasakan adanya pelayanan dari Pemerintah khususnya administrasi kependudukan berkat bantuan IKI", kata En Cong sesepuh kampung Ciresek.

Dalam pelayanan keliling ini langsung diterbitkan 450 akta kelahiran (Senin, 15/4/2019).

Lau Coan Cay pria paroh baya yang beristeri Misti warga Ponorogo. Jatim yang biasa berjualan mie ayam bakso sangat bergembira, sujud syukur ketika dibagikan akta kelahiran siang hari itu. "Mudah-mudahan kalau Tuhan kasih rejeki, saya bisa perli ke luar negeri", harapnya.

Mewakili Yayasan IKI, Prasetyadji dan Eddy Setiawan mengatakan kepada warga, semoga dengan mendapatkan akta kelahiran ini, tidak ada lagi diskriminasi dalam hal kewarganegaraan atau kependudukan. Sekarang masyarakat bisa mendapatkan akses kesehatan dan pendidikan dari pemerintah.

Yusuf yang mewakili Dukcapil Kab Bogor berterima kasih kepada IKI yang sudah sekian tahun membantu Dukcapil dalam melakukan pelayanan keliling kepada masyarakat.

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
5 + 7 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).