Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Disdukcapil Kab. Deli Serdang Antusias Layani KTP Penghayat Parmalim

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deliserdang, Gustur menyerahkan KK dan KTP baru milik penghayat kepercayaan Parmalim kepada staf Aliansi Sumut Bersatu (ASB) beberapa waktu lalu. - sumber: Tribun Medan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deliserdang terus mengakomodir hak-hak identitas dari warga yang menjadi penghayat kepercayaan Parmalim. Beberapa warga pun sudah melakukan pergantian identitas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun di Kartu Keluarga (KK)-nya.

Kepala Bidang Kependudukan dan Data Didsdukcapil Deliserdang, Alrasudin Kaloko mengatakan, pihaknya menyambut penghayat kepercayaan terkait proses pembaruan administrasi kependudukan. 

"Kami menerima dengan tangan terbuka pembaruan administrasi kependudukan para penghayat. Proses juga cepat dan tidak akan dipersulit. Jumlahnya mungkin dibawah seratus lah sekarang ini karena ada yang mungkin sudah memilih agama tertentu tapi tidak melaporkannya,” kata Alrasudin Kamis, (30/5/2019).

Alrasudin Kaloko mengatakan, pihaknya sudah membagikan sebanyak 30-an KTP ataupun KK baru kepada Penghayat Kepercayaan Parmalim. Serahterima pun dilakukan oleh Disdukcapil Deliserdang kepada Aliansi Sumut Bersatu (ASB) yang menjadi pendamping penghayat kepercayaan Parmalim ini. Perubahan dilakukan karena memang dulunya pada kolom agama untuk mereka tidak sama sekali ada ditulis alias dikosongkan.

“Untuk saat ini, penghayat Parmalim yang sudah selesai pembaruan identitasnya ada 36 KTP dan 13 KK yang sudah memang diperbarui administrasi kependudukan dan dicetak kartunya. Ke depan, penghayat-penghayat lainnya di luar Parmalim akan diupayakan pembaruan identitasnya,” kata Deputi Direktur ASB, Ferry Wira Padang.

Ferry pun mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Deliserdang karena dianggap telah banyak membantu proses pembaruan administrasi kependudukan. Dikatakannya, proses pembaruan administrasi kependudukan ini diakomodir dengan baik mulai dari pemasukan berkas hingga pencetakan kartu.

“Berkas pembaruan KK dan KTP kami antarkan pada tanggal 24 April dan pencetakan kartu selesai seluruhnya sebelum tanggal 14 Mei 2019. Ini hal yang luar biasa bagi kami," katanya.

Ke depannya, Ferry berharap, Disdukcapil, ASB, dan penghayat dapat terus berkolaborasi dengan baik terkait pembaruan administrasi kependudukan penghayat kepercayaan. Dianggap dengan demikian, cita-cita dari judicial review (JR) UU Administrasi Kependudukan melalui putusan JR UU Adminduk No: 97/PUU-XIV/2016 18 Oktober 2017 dapat berjalan dengan baik.

“Tidak hanya di Deliserdang, tetapi juga di daerah-daerah lain di Sumatera Utara,” kata Ferry. 

______________________
Sumber:
https://www.google.com/amp/medan.tribunnews.com/amp/2019/05/30/disdukcap...

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 11 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri
IKI dan DISDUKCAPIL Yanling di SOSPAM Kota Cilegon
Kasatpel Capil Kel. Pegangsaan didampingi Staf IKI mendampingi Bunari & Wagiyem dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
Perjalanan Terjal Wagiyem Berburu Dokumen Kependudukan
Muhaimin: TKI Wajib Memiliki Akta Kelahiran

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).